-->

G Suite Untuk Pendidikan dan Hal yang Perlu Anda Ketahui

G Suite Untuk Pendidikan dan Hal yang Perlu Anda Ketahui - Baik Anda pengguna baru Google atau pengguna berpengalaman, mungkin ada beberapa hal yang tidak Anda ketahui tentang G Suite untuk Pendidikan.

G Suite Untuk Pendidikan dan Hal yang Perlu Anda Ketahui
Jika Anda ingin menjadi Pengajar atau Pelatih Tesertifikasi Google, Anda perlu mempelajari dasar-dasar G Suite untuk Pendidikan. Di bawah ini adalah penjelasan program G Suite untuk Pendidikan bagi pengajar.

G Suite untuk Pendidikan adalah seperangkat alat yang dapat membantu Anda meningkatkan peluang untuk berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas, sambil mendukung tujuan pembelajaran yang Anda miliki untuk siswa Anda. G Suite untuk Pendidikan adalah rangkaian alat dan layanan Google gratis yang disesuaikan untuk sekolah dan homeschooling. Ini tersedia secara global untuk semua institusi pendidikan yang memenuhi syarat.


  • Persyaratan G Suite untuk Pendidikan


Sekolah K – 12, institusi pendidikan tinggi, dan koperasi homeschool memenuhi syarat untuk G Suite for Education jika memenuhi kriteria tertentu. Lembaga yang mengajukan G Suite untuk Pendidikan harus mengirimkan aplikasi tersebut.


Institusi K – 12 dan yang lebih tinggi harus: Telah memverifikasi status nirlaba, Menjadi lembaga pendidikan yang diakui pemerintah dan terakreditasi secara resmi yang memberikan sertifikasi yang disetujui secara nasional atau internasional di tingkat dasar, menengah, atau ketiga, Homeschool harus diverifikasi oleh organisasi homeschool negara bagian.


  • Alat G Suite untuk Pendidikan adalah: Gratis, bebas iklan, dapat diandalkan, dan aman.


Alat ini telah digunakan oleh jutaan siswa di sekolah di seluruh dunia. Tentu saja, gratis itu bagus, tetapi yang terbaik adalah alat-alat ini relevan bagi siswa, mudah digunakan, dan membuka pintu ke banyak cara baru untuk belajar. Akses 24/7, Satu Login untuk SEMUANYA, Kolaboratif, Gunakan di Semua Perangkat / Lintas Platform


Aplikasi Apa yang Termasuk dalam Layanan Inti yang harus anda ketahui?


Layanan inti G Suite adalah yang terpenting dari suite tersebut, dan Anda mungkin akan menyadari bahwa di sinilah Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Masing-masing dapat dikelola dan diaktifkan / dinonaktifkan melalui konsol admin. (Mis: Beberapa sekolah memilih untuk menggunakan program email yang berbeda dan akan menonaktifkan Gmail untuk penggunanya.)


Layanan inti meliputi:


·       Google Kelas : adalah aplikasi gratis yang dirancang untuk membantu siswa dan guru berkomunikasi, berkolaborasi, mengatur dan mengelola tugas, menilai dan memberi masukan, mengurangi penggunaan kertas, dan banyak lagi


Sinkronisasi Google Chrome : adalah fitur yang memungkinkan Pengguna Akhir menyinkronkan bookmark, riwayat, sandi, dan setelan lain di semua perangkat tempat mereka masuk ke Chrome.


Gmail : Gmail adalah platform email berbasis web gratis yang menawarkan perlindungan SPAM dan sepenuhnya bebas iklan di akun G Suite untuk Pendidikan.


Google Kalender : Google Kalender adalah platform kalender berbasis web gratis yang sepenuhnya bebas iklan di akun G Suite untuk Pendidikan.


Google Drive : untuk melakukan penyimpanan data yang sangat aman dan bisa mengaksesnya dari berbagai perangkat, selain itu juga bisa membuat,atau mengedit data anda.


Google Vault : Google Vault memungkinkan Anda menyimpan, membekukan, menelusuri, dan mengekspor email dan pesan chat organisasi Anda. Anda juga dapat menelusuri dan mengekspor file organisasi Anda di Google Drive.


Google Docs : Google Docs adalah alat pengolah kata berbasis web gratis yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit dokumen secara online dan berkolaborasi dalam waktu nyata.


Google Sheets : Google Sheets adalah alat spreadsheet berbasis web gratis yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit spreadsheet secara online dan berkolaborasi dalam waktu nyata. Ini bagus untuk analisis data dan organisasi.


Google Formulir : Google Formulir adalah alat formulir berbasis web gratis yang memungkinkan Anda membuat formulir, survei, dan kuis yang mengumpulkan informasi tanggapan dalam waktu nyata.


Google Slides : Google Slides adalah alat presentasi berbasis web gratis yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit presentasi secara online.


Google Gambar : adalah perangkat lunak pembuatan diagram berbasis web gratis. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat diagram alur, peta pikiran, peta konsep, dan gambar lainnya.


Google Sites : Google Sites adalah cara gratis dan mudah untuk membuat dan berbagi situs web dan halaman web. (Harap diperhatikan: Google Sites baru diuji pada ujian Tingkat 1 dan Tingkat 2 Pengajar Tersertifikasi Google.)


Google Meet : Google Meet adalah alat komunikasi dan kolaborasi gratis untuk video call, dan berbagi layar.


Hangouts Chat : Google Hangouts Chat adalah sistem chat online gratis untuk chat individu dan grup.


Jamboard : adalah layanan berbasis web yang memungkinkan Pengguna Akhir membuat, mengedit, berbagi, berkolaborasi, menggambar, mengekspor, dan menyematkan konten dalam dokumen.


Google Tasks : Lacak tugas harian Anda, atur beberapa daftar, dan lacak tenggat waktu penting dengan Google Tasks.


Google Grup : memungkinkan Anda membuat dan berpartisipasi dalam forum online dan grup berbasis email dengan pengalaman yang kaya untuk percakapan komunitas.


Google memiliki alat lain di luar G Suite untuk Pendidikan yang dapat digunakan di kelas, yang mungkin dapat Anda akses dengan nama pengguna dan sandi yang sama. 


Administrator G Suite untuk Pendidikan menentukan layanan Google mana yang dapat diakses oleh pengguna mereka, dan diwajibkan untuk memberikan atau mendapatkan persetujuan atas penggunaan layanan oleh pengguna di bawah umur. 


Ini adalah produk konsumen dan tidak tercakup dalam Persyaratan Layanan G Suite untuk Pendidikan. Mereka termasuk: YouTube : Hosting dan berbagi video online , Google Maps / Earth : Peta interaktif dan citra satelit , Blogger : Menerbitkan blog


G Suite Enterprise untuk Pendidikan memberi institusi pendidikan seperangkat alat untuk mengelola seluruh organisasinya, termasuk departemen administratif yang memiliki kebutuhan serupa dengan bisnis. Fitur termasuk kontrol lanjutan, analitik dan pencarian yang ditingkatkan, dan alat komunikasi tingkat perusahaan. (Versi ini tidak gratis.)


Jika Anda berencana mengikuti ujian Google Certified Educator Level 1, Anda akan ditanyai tentang G Suite untuk Pendidikan. Mungkin Anda merasa tidak perlu mengetahuinya, tetapi akan sangat membantu bagi pengajar untuk lebih memahami pengambilan keputusan administratif dan untuk mengetahui apa yang harus diminta terkait G Suite.


Terkadang aplikasi tertentu tidak diaktifkan karena tidak ada yang meminta untuk menggunakannya. Di lain waktu, aplikasi tertentu dinonaktifkan karena mengharuskan pengguna berusia 13+.


Ada aplikasi yang termasuk dalam aturan COPPA 13+ , atau mungkin ada alasan lain mengapa aplikasi belum diaktifkan untuk Anda dan siswa Anda. Gagasan bahwa aplikasi G Suite adalah semua atau tidak sama sekali, artinya semua orang memilikinya  atau semua orang tidak, tidaklah benar. G Suite memungkinkan kami mengontrol akses oleh grup pengguna.Demikian artikel tentang program G Suite,semoga bermanfaat.


Baca JugaG Suite untuk Pendidikan: Manfaat untuk Administrator G Suite

Silahkan isi komentar dibawah ini atau Kontak Kami. Terimakasih.
LihatTutupKomentar