-->

WORKSPACE UPDATE JULI SEPTEMBER 2020

WORKSPACE UPDATE JULI SEPTEMBER 2020


Selamat datang di Raja G Suite Blog. 


Berikut ini kami berikan kumpulkan berita terbaru dari Google Workspace yang sebelumnya bernama Google G Suite.


workspace update juli september 2020


1. Penggunaan Gmail bersama aplikasi iOS lainnya dengan iPad Multitasking


6 Juli 2020

Saat menggunakan iPad, Anda sekarang dapat melakukan banyak tugas dengan Gmail dan aplikasi iOS lainnya. Anda dapat menggunakan Gmail dan Google Kalender secara bersamaan dengan Split View untuk memeriksa jadwal Anda sebelum membalas email untuk mengonfirmasi waktu rapat. Atau, Anda dapat dengan mudah menyeret dan melepaskan gambar dari Foto Google ke dalam email tanpa meninggalkan Gmail.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.


Pengguna akhir: Fitur ini akan tersedia secara default. Untuk mengaktifkan Multitasking di iPad Anda, buka aplikasi Pengaturan> Layar Utama & Dock> Multitasking dan pilih "Izinkan Beberapa Aplikasi". Kunjungi Pusat Bantuan Apple untuk mempelajari lebih lanjut.

Untuk masuk ke tampilan terpisah, saat berada di Gmail dan geser ke atas dari bawah layar untuk membuka Dock. Di Dock, sentuh dan tahan aplikasi yang ingin Anda buka dan seret ke tepi kiri atau kanan layar Anda.

Kami juga menyarankan Anda untuk mengaktifkan Pintasan Keyboard untuk Gmail di iPad Anda untuk efisiensi yang lebih tinggi saat Anda melakukan banyak tugas.





2. Tema gelap sekarang tersedia untuk Dokumen, Spreadsheet, dan Slide di Android


6 Juli 2020

Kami menyempurnakan Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide di Android dengan dukungan tema Gelap. Tema gelap akan secara cerdas menyesuaikan antarmuka produk dan konten yang dibuat pengguna dengan cara yang membuatnya lebih dapat digunakan di lingkungan dengan cahaya redup dan menghemat masa pakai baterai.

Setelan untuk Dokumen, Spreadsheet, dan Slide akan disesuaikan secara otomatis saat sistem Android disetel untuk menggunakan tema Gelap. Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap untuk Dokumen, Spreadsheet, atau Slide secara terpisah. Jika Anda melakukan ini, setiap aplikasi akan selalu berada dalam tema yang dipilih terlepas dari pengaturan sistem Android.




Admin: Tidak perlu tindakan apa pun.


Pengguna akhir: Fitur ini secara otomatis akan mengikuti pengaturan sistem Android. Tema gelap juga dapat diaktifkan di aplikasi Dokumen, Spreadsheet, atau Slide satu per satu dengan membuka Menu> Setelan> Tema> Gelap di setiap aplikasi. Saat menggunakan tema Gelap, Anda dapat mempratinjau dokumen atau lembar Anda saat ini di tema Terang menggunakan Lainnya> Tampilkan dalam tema terang. Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Tema gelap di Google Docs, Sheets & Slides


3. Visualisasikan rapat yang lebih singkat dengan lebih baik di Google Kalender


7 Juli 2020

Di Google Kalender, acara yang kurang dari 25 menit sekarang akan lebih mencerminkan durasi acara yang sebenarnya, menempati lebih sedikit ruang dalam tampilan harian Anda. Perubahan ini juga akan ditampilkan dalam versi cetak kalender Anda.




Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default dan dapat dinonaktifkan di setelan akun Anda di bawah Opsi tampilan: "Tampilkan acara yang lebih pendek dengan ukuran yang sama dengan acara 30 menit". Untuk menjaga keterbacaan karakter yang jelas, ini NONAKTIF secara default untuk akun dalam bahasa Arab, Cina, Jepang, dan Korea.

4. Format chart baru teks dan angka bagan di Spreadsheet


7 July 2020

Kami menambahkan fitur baru untuk membantu Anda menyesuaikan teks dan angka diagram di Google Spreadsheet. Secara khusus, Anda sekarang dapat:

Klik langsung pada hampir semua elemen teks bagan dan perbarui konten dan gayanya, terutama label data individual dan item legenda.

Atur opsi pemformatan angka tingkat lanjut pada label data dan label sumbu Anda, termasuk opsi untuk memformat secara bersyarat menurut warna.

Gunakan pengalaman pengeditan bilah samping kontekstual, yang mempermudah pemformatan label data individual, item legenda, dan satu titik data.



Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.


Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang menambahkan diagram atau grafik di Spreadsheet, atau menambahkan label data, catatan, atau bilah error ke diagram.


5. Peningkatan pembuatan acara Google Kalender di web

13 July 2020

Tahun lalu, kami mengumumkan peningkatan pada alur pembuatan acara di Google Kalender di web. Kami sekarang menambahkan lebih banyak bidang acara yang dapat diedit langsung ke dalam dialog munculan, termasuk:

Izin tamu: Berikan izin kepada tamu untuk melihat daftar tamu, mengundang orang lain, atau mengedit acara.

Lampiran: Tambahkan lampiran langsung di samping deskripsi acara.

Pratinjau kalender: Pilih warna acara, sesuaikan pemberitahuan, setel bebas / sibuk, dan ubah visibilitas acara.

Kami juga menyempurnakan fitur "Cari waktu" dalam tampilan ini, yang tumpang tindih dengan kalender calon tamu untuk membantu Anda memilih waktu terbaik dengan cepat untuk semua orang.




Dengan perubahan ini, Anda sekarang dapat menambahkan semua informasi yang diperlukan ke acara Kalender Anda dari satu jendela, tanpa harus mengklik "Opsi lainnya" —menghemat lebih banyak waktu saat Anda menjadwalkan acara.

Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini. Alur pembuatan baru ini secara otomatis akan muncul di Kalender di web. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang membuat acara di Kalender.

6. Dukungan penuh warna dan lebih banyak pembaruan untuk pencetakan di Google Kalender

13 July 2020

Kami telah menambahkan beberapa penyempurnaan tentang cara Anda dapat mencetak agenda Anda di Google Kalender. Sekarang, ada opsi baru untuk mencetak kalender Anda dalam warna penuh, sehingga Anda dapat melacak berbagai jenis acara dengan lebih mudah.

Dengan menggunakan opsi "Tampilan" baru, Anda juga dapat mencetak satu hari atau satu minggu per lembar




Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur baru ini ditambahkan secara default. Pengaturan cetak default saat ini tidak akan berubah.

7. Pengguna anonim akan diblokir dari rapat Google Meet untuk G Suite untuk Pendidikan secara default

13 July 2020

Untuk meningkatkan privasi rapat pendidikan di Google Meet, pengguna anonim (pengguna yang tidak masuk ke akun Google) tidak dapat lagi bergabung ke rapat yang diselenggarakan oleh siapa pun yang memiliki lisensi G Suite untuk Pendidikan atau G Suite Enterprise untuk Pendidikan. Hal ini mencegah peserta dari berbagi tautan secara publik untuk mendorong pengguna anonim untuk meminta akses. Perhatikan, ini tidak mencegah pengguna untuk menelepon melalui telepon.

Untuk Admin dan pengguna akhir

Pengguna anonim dapat menyebabkan gangguan belajar dengan membuat kebisingan dan berbagi konten, dan menjadi gangguan bagi penyelenggara rapat ketika mereka mencoba untuk mengikuti rapat.

Mulai


Admin: Tidak ada admin untuk fitur ini. Admin G Suite untuk Pendidikan dapat meminta untuk menonaktifkan fitur ini agar peserta anonim dapat bergabung dengan panggilan Google Meet dengan menghubungi dukungan G Suite untuk meminta pengecualian. Ini akan memungkinkan pertemuan yang diatur oleh pengguna di domain mereka untuk memungkinkan pengguna anonim untuk bergabung.


Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut


8. Bertemu di Gmail di seluler sekarang diluncurkan di iOS

13 July 2020

Bulan lalu kami mengumumkan bahwa Meet in Gmail akan hadir di Android dan iOS. Kami mulai meluncurkan fitur ini hari ini ke iOS, yang berarti pengguna dapat bergabung dengan video meeting yang aman langsung dari tab Meet khusus di aplikasi seluler Gmail di iOS. Fitur ini akan segera hadir di Android dan kami akan memposting di blog Pembaruan G Suite saat peluncuran dimulai.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Bertemu di Gmail pada seluler akan AKTIF secara default saat pengguna memperbarui aplikasi Gmail mereka. Pengguna dapat menyembunyikan tab Meet di dalam aplikasi Gmail di setelan Gmail mereka dengan membatalkan pilihan "Tampilkan tab Meet untuk video call" di bawah "Meet".




9. Pembaruan pada bagian setelan keamanan Konsol admin, lokasi baru untuk pelaporan kebijakan sandi

16 July 2020

Kami telah menyederhanakan bagian setelan keamanan di konsol Admin. Secara khusus, Anda mungkin memperhatikan:

Pembaruan antarmuka dan konten untuk Konsol admin> Keamanan

Lokasi baru untuk pelaporan kebijakan sandi di Konsol admin> Laporan
Ini adalah yang terbaru dari rangkaian pembaruan yang telah kami lakukan dalam beberapa bulan terakhir untuk meningkatkan konsol Admin. Pembaruan ini akan membuat pengaturan keamanan Anda lebih mudah dilihat, dan membantu Anda menemukan pengaturan penting yang dapat membantu Anda mempertahankan kondisi keamanan yang kuat untuk organisasi Anda.

Pembaruan antarmuka dan konten untuk Konsol admin> Keamanan

Antarmuka yang diperbarui dan diatur ulang untuk bagian setelan keamanan utama di Konsol Admin> Keamanan.

Spanduk baru di bagian atas Konsol Admin> laman Keamanan, yang memiliki tautan untuk mempelajari lebih lanjut tentang keamanan dan privasi di Google Cloud. Sebelumnya informasi ini ada di bagian khusus (di Konsol admin> Keamanan> Sumber daya keamanan dan privasi) yang sekarang telah dihapus.

Penghapusan pelaporan kebijakan kata sandi dari bagian ini. Sekarang telah dipindahkan ke bagian Laporan (lihat lebih lanjut di bawah).
Lokasi baru untuk pelaporan kebijakan sandi di Konsol admin> Laporan

Data tentang kepatuhan kebijakan sandi pengguna telah dipindahkan ke bagian Laporan di konsol Admin. Sekarang Anda dapat menemukan informasi seperti persyaratan panjang dan kekuatan sandi di Konsol Admin> Laporan> Akun, dan Konsol Admin> Laporan> Laporan pengguna> Keamanan. Sebelumnya, ini ada di konsol Admin> Keamanan> Pemantauan sandi.

Dengan menambahkan data ini ke bagian laporan, Anda sekarang dapat menggunakan filter, melihat berdasarkan OU, melihat nilai historis, dan mendownload fitur laporan yang tidak tersedia di lokasi sebelumnya.

Selain itu, saat melaporkan kepatuhan kebijakan sandi, kami sekarang hanya menunjukkan apakah panjang sandi pengguna sesuai dengan kebijakan yang dikonfigurasi atau tidak. Sebelumnya, kami menyatakan panjang kata sandi tertentu.





Admin: Perubahan ini akan terjadi secara otomatis. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengelola area ini, gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang menegakkan dan memantau persyaratan sandi pengguna atau mengelola pengaturan keamanan untuk organisasi Anda.


Pengguna akhir: Tidak ada pengaruh pengguna akhir.


10. Dorong pembaruan dan pengaturan perangkat ke perangkat Windows 10 yang dikelola lebih cepat

16 July 2020

Pada bulan April, kami meluncurkan keamanan yang ditingkatkan untuk Windows. Ini memungkinkan admin untuk mendorong pembaruan konfigurasi perangkat, pengaturan perangkat, dan lainnya ke perangkat Windows 10 dari jarak jauh, tanpa persyaratan jaringan tertentu.

Sekarang, akan lebih cepat untuk pengaturan yang diterapkan diterapkan pada perangkat yang dikelola lebih cepat. Sebelumnya, perlu waktu hingga enam jam untuk mengubah setelan di perangkat. Dengan pembaruan ini, sebagian besar akan berlaku dalam beberapa menit, selama perangkat terhubung ke internet. Ini akan membantu memastikan perangkat diperbarui dan sesuai lebih cepat dan pembaruan keamanan penting diterapkan dengan cepat.


Admin: Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari cara mengaktifkan pengelolaan perangkat Windows, dan cara menerapkan pengaturan Windows ke perangkat.

Pengguna akhir: Tidak ada perubahan yang terlihat pada pengalaman pengguna akhir

11. Fitur Sampah baru di Google Kontak

16 July 2020

Kami menambahkan Sampah ke Google Kontak. Sekarang, saat Anda menghapus kontak, kontak tersebut akan masuk ke Sampah, di mana kontak tersebut akan tinggal selama 30 hari sebelum dihapus secara permanen. Pada saat itu, Anda dapat melihat, memulihkan, atau menghapus kontak secara permanen. Sampah akan berisi kontak yang dihapus di perangkat apa pun — web, Android, iOS, dan lainnya — tetapi Anda hanya dapat melihat dan mengelola Sampah di web. Sampah memudahkan pengguna memulihkan kontak yang tidak sengaja mereka hapus.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default. Temukan di menu sebelah kiri saat Anda membuka Google Kontak di web (contacts.google.com). Tampilan Sampah belum tersedia di aplikasi Google Kontak untuk perangkat seluler. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang menggunakan Google Kontak.


12. Secara otomatis melihat kalender bersama yang terkait dengan Google Grup saat Anda bergabung

20 July 2020

Saat pengguna bergabung dengan Google Grup, mereka sekarang akan menerima email yang mencantumkan kalender bersama yang dapat mereka akses sebagai hasil dari keanggotaan grup mereka — biasanya dalam satu jam setelah bergabung. Ini akan mempermudah anggota tim dan karyawan baru untuk menemukan kalender yang relevan dan menghilangkan kebutuhan anggota grup yang sudah ada untuk membagikan kalender tersebut secara manual.



Pengguna juga akan dapat menambahkan kalender bersama ini ke daftar kalender mereka hanya dengan satu klik.

Perhatikan, jika grup memiliki lebih dari 100 kalender bersama, anggota baru tidak akan menerima email.
Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Email ini akan dikirim secara default setiap kali Anda bergabung dengan Google Grup baru yang telah mengaitkan kalender bersama. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagi kalender Anda.


13. Google Meet di Gmail sekarang diluncurkan di Android


20 July 2020

Bulan lalu, kami mengumumkan bahwa Meet in Gmail akan hadir di Android dan iOS. Fitur tersebut mulai diluncurkan ke iOS minggu lalu dan mulai diluncurkan ke Android hari ini. Artinya, pengguna dapat bergabung dengan video meeting aman langsung dari tab Meet khusus di aplikasi Gmail Android.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Bertemu di Gmail pada seluler akan AKTIF secara default saat pengguna memperbarui aplikasi Gmail mereka. Pengguna dapat menyembunyikan tab Meet di dalam aplikasi Gmail di setelan Gmail mereka dengan membatalkan pilihan "Tampilkan tab Meet untuk video call" di bawah "Meet".


14. Migrasi aturan DLP Drive ke sistem baru

20 July 2020

Pada bulan Januari, kami meluncurkan sistem baru yang mempermudah penerapan kebijakan pencegahan kehilangan data (DLP) lanjutan untuk Google Drive. Ini dimaksudkan sebagai pengganti sistem DLP Drive yang lebih lama.

Sekarang, kami akan memigrasikan semua aturan yang Anda buat di sistem DLP lawas ke sistem baru ini. Setelah migrasi ini, Anda harus menggunakan sistem DLP baru untuk membuat dan mengelola aturan DLP organisasi Anda untuk Drive. Ada tiga hal penting yang perlu diketahui:

Anda dapat memigrasikan aturan Anda ke sistem baru secara manual kapan saja sebelum 10 Agustus.

Mulai 10 Agustus, kami akan secara otomatis memindahkan aturan yang belum bermigrasi ke sistem baru.

Migrasi ini terkait dengan pengelolaan aturan di konsol Admin saja. Tidak ada perubahan dalam bagaimana aturan akan diberlakukan untuk pengguna akhir.
Siapa yang terkena dampak:

Admin dengan hak istimewa untuk mengelola aturan DLP.

Mengapa ini penting:

Dengan menghadirkan semua aturan Anda ke dalam sistem DLP baru, kami mempermudah pengelolaan aturan DLP Anda dan memanfaatkan peningkatan yang ditawarkan sistem baru.

Detil tambahan:

Pelajari lebih lanjut tentang sistem DLP baru

Sistem DLP Drive baru menawarkan kebijakan yang lebih canggih, wawasan admin tambahan, dan penerapan yang lebih fleksibel daripada sistem lama. Fungsi DLP Drive baru dapat ditemukan di Konsol admin> Keamanan> Perlindungan Data.

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat pengumuman peluncuran kami untuk sistem DLP baru atau kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang DLP baru untuk Drive. Anda juga dapat mengunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang migrasi ke sistem DLP baru.

Migrasi yang dikontrol pengguna tersedia sekarang

Saat ini, Anda dapat memigrasikan aturan Anda ke UI baru secara manual dengan membuat aturan baru secara manual di DLP Drive baru, lalu menghapus aturan DLP lama. Selama itu, Anda tidak akan dapat memperbarui aturan Anda, tetapi aturan tersebut akan tetap berlaku untuk pengguna akhir.

Perhatikan bahwa pada 3 Agustus, pelanggan yang belum membuat aturan DLP Drive lama tidak akan dapat membuat aturan di sistem lama. Pelanggan yang sudah ada dapat terus membuat dan mengubah aturan hingga migrasi mereka. Aturan dapat dibuat di sistem baru kapan saja.


Sebelum migrasi berlangsung, Anda akan melihat spanduk tentang perubahan yang akan datang

Migrasi otomatis akan dimulai pada 10 Agustus

Jika Anda belum memigrasikan aturan secara manual hingga 10 Agustus, kami akan mulai memigrasikannya ke sistem baru secara otomatis. Migrasi diharapkan selesai untuk sebagian besar pelanggan pada akhir Agustus 2020. Sebagian kecil pelanggan akan dimigrasi pada September 2020. Setelah domain Anda dimulai, proses migrasi dapat memakan waktu hingga 24 jam, dan selama itu Anda menang ' t dapat mengubah aturan di sistem lama.

Setelah migrasi untuk domain Anda selesai, Anda akan melihat spanduk yang mengumumkan bahwa aturan DLP Anda telah dipindahkan saat Anda membuka lokasi aturan lama di Konsol admin> Keamanan> Aturan. Pada saat itu, Anda tidak dapat lagi membuat aturan DLP di sistem lama.



Saat migrasi selesai, Anda akan melihat spanduk pemberitahuan di konsol Admin

Admin: Migrasi aturan bersifat opsional hingga 10 Agustus, setelah itu migrasi akan berlangsung secara otomatis. Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk belajar sekarang untuk memindahkan aturan ke sistem baru; buka memigrasi aturan dari DLP lama ke DLP baru untuk Drive, atau pelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan sistem DLP Drive baru.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaruh pengguna akhir.

15. Blokir aplikasi agar tidak mengakses data G Suite dengan kontrol akses aplikasi

21 July 2020

Apa yang berubah

Tahun lalu, kami meluncurkan kontrol akses aplikasi untuk membantu semua pelanggan G Suite dan Cloud Identity mengontrol akses ke data G Suite melalui OAuth 2.0 oleh aplikasi pihak ketiga dan milik domain. Sekarang, kami menyempurnakannya dengan mengizinkan admin memblokir aplikasi agar tidak mengakses cakupan OAuth 2.0 apa pun. Ini memudahkan pelanggan untuk dengan cepat membatasi aplikasi yang dianggap berisiko tinggi atau disusupi.

Jika suatu aplikasi diblokir, itu tidak akan dapat mengakses data apa pun dari layanan Google. Ini akan diblokir baik aplikasi di iOS, Android, atau web. Jika pengguna mencoba memberi otorisasi pada aplikasi, mereka akan melihat pesan kesalahan otorisasi. Admin dapat menyesuaikan pesan kesalahan ini jika mereka memilih.

Siapa yang terkena dampak

Admin

Mengapa Anda menggunakannya

G Suite memiliki ekosistem developer yang kuat, dengan ribuan aplikasi tersedia melalui G Suite Marketplace dan langsung ke pelanggan, serta kerangka kerja API yang kaya yang memungkinkan pelanggan mengembangkan aplikasi kustom. Namun, tidak semua aplikasi mematuhi kebijakan keamanan setiap pelanggan perusahaan, sehingga pelanggan dan partner kami menghargai kontrol untuk mengelola aplikasi pihak ketiga yang mengakses data G Suite.

Sebelumnya, admin dapat mempercayai atau membatasi akses oleh aplikasi tertentu. Sekarang, kami menyederhanakan ini untuk mempermudah pengelolaan ribuan aplikasi yang berpotensi, dan untuk membantu Anda memblokir aplikasi dengan lebih cepat saat diperlukan. Dengan menambahkan opsi untuk memblokir aplikasi, Anda dapat dengan cepat dan efisien melindungi data saat aplikasi disusupi atau berisiko tinggi



Anda sekarang dapat memblokir akses aplikasi ke cakupan OAuth 2.0 melalui konsol Admin.



Aplikasi sekarang dapat dipercaya, dibatasi, atau diblokir.

Admin: Buka Konsol admin> Keamanan> Kontrol API> Kontrol akses aplikasi untuk mulai menggunakan fitur tersebut. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut cara mengontrol aplikasi pihak ketiga & internal mana yang mengakses data G Suite.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini.


16. Sederhanakan pengelolaan perangkat iOS milik perusahaan dengan integrasi Apple Business Manager baru

21 July 2020

Apa yang berubah

Kami meluncurkan integrasi antara pengelolaan titik akhir Google dan Apple Business Manager (sebelumnya disebut Program Pendaftaran Perangkat, atau DEP). Hal ini memungkinkan untuk mendistribusikan dan mengelola perangkat iOS milik perusahaan dengan aman dari konsol Google Admin.

Integrasi tersebut akan memungkinkan pelanggan G Suite Enterprise, G Suite Enterprise untuk Pendidikan, G Suite Enterprise Essentials, dan Cloud Identity Premium menyetel pengelolaan titik akhir Google sebagai server MDM di Apple Business Manager.

Siapa yang terkena dampak

Admin

Mengapa Anda menggunakannya

Dengan integrasi antara manajemen titik akhir Google dan Apple Business Manager:

  • Admin dapat mengelola perangkat iOS milik perusahaan langsung dari konsol Admin, di lokasi yang sama seperti mereka mengelola perangkat lain yang mengakses data organisasi mereka.

  • Admin dapat mengontrol lebih banyak fitur termasuk penginstalan aplikasi, penggunaan app Apple, metode autentikasi, dan lainnya, seperti yang diperlihatkan dalam tabel pengaturan perangkat iOS milik perusahaan yang diawasi ini.

  • Apple Business Manager dan manajemen titik akhir Google otomatis disinkronkan untuk pengelolaan perangkat yang mulus.

  • Pengguna mengikuti penyiapan dan pendaftaran perangkat sederhana melalui wizard penyiapan bawaan.




Penyiapan Apple Business Manager di konsol Admin


Admin: Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkan manajemen seluler lanjutan untuk perangkat iOS di OU yang berlaku, dan menyiapkan akun Apple Business Manager. Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menyiapkan pengelolaan perangkat iOS milik perusahaan.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini. Setelah disediakan oleh admin, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah wizard penyiapan perangkat untuk mendaftarkan perangkat. Setelah wizard penyiapan selesai, aplikasi Google Device Policy akan otomatis diinstal dan pengguna harus login dengan akun G Suite atau Cloud Identity mereka.


17. Ucapkan "Hai Google" untuk melakukan lebih banyak hal dengan suara Anda di perangkat hardware Google Meet

22 July 2020

Apa yang berubah

Agar rapat lebih lancar, semua pengguna G Suite sekarang cukup mengucapkan "Hai Google" untuk mengambil tindakan pada kit perangkat keras Google Meet. Fitur ini sebelumnya tersedia dalam versi beta di perangkat keras ASUS Google Meet. Sekarang secara umum tersedia di perangkat ASUS yang sama, serta di kit ruang rapat Logitech.

Dengan fitur baru ini, Anda dapat mengucapkan "Hai Google" untuk bergabung dan keluar dari rapat video, menelepon nomor telepon, dan banyak lagi. Misalnya, coba ucapkan, "Hai Google, bergabunglah dengan rapat saya berikutnya" untuk memulai, tanpa menggunakan tangan.



Siapa yang terpengaruh

Admin dan pengguna akhir

Mengapa Anda menggunakannya

Kontrol suara dengan hardware Google Meet dapat:

Sederhanakan pengalaman ruang rapat dengan mengaktifkan fungsi bergabung, keluar, dan panggilan tanpa sentuhan. 

Admin: Kontrol suara ini NONAKTIF secara default dan dapat diaktifkan di tingkat domain. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengaktifkan kontrol suara untuk perangkat keras Google Meet.

Pengguna akhir: Pengguna akhir dapat menonaktifkan fitur ini di ruang rapat menggunakan layar sentuh. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang menggunakan kontrol suara dalam rapat video.


18. Setel lama rapat default untuk acara Google Kalender di domain Anda

28 July 2020

Apa yang berubah

Kami menambahkan setelan baru di Konsol admin tempat Anda dapat menentukan durasi rapat Kalender default untuk pengguna di domain Anda. Sebelumnya, default 60 menit hanya dapat diubah dari pengaturan Kalender individu pengguna. Sekarang, admin dapat menyetel panjang default baru untuk semua penggunanya.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengguna akhir

Mengapa Anda menggunakannya

Anda dapat membuat organisasi Anda lebih efisien dengan memilih lama rapat default yang paling sesuai untuk waktu dan penggunaan ruangan karyawan Anda.

Bagaimana cara memulai

Admin: Nilai default setelan baru ini akan tetap pada standar 60 menit kecuali admin mengambil tindakan untuk mengubahnya. Durasi rapat default dapat disesuaikan di unit organisasi (OU) atau tingkat domain. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang menyetel durasi default untuk acara di organisasi Anda.

Pengguna akhir: Jika admin mengubah nilai rapat default, nilai tersebut akan berlaku untuk pengguna akhir yang belum mengubah setelan "Durasi Rapat Default" di setelan Kalender masing-masing dan untuk semua pengguna baru di domain. Pengguna akhir akan dapat menimpa pengaturan admin dari pengaturan Kalender masing-masing.


19. Beta baru menambahkan kontrol IRM untuk DLP untuk membantu melindungi konten sensitif dalam dokumen

28 July 2020


Apa yang berubah

Anda sekarang dapat secara otomatis membatasi kemampuan untuk mengunduh, mencetak, dan menyalin dokumen sensitif melalui aturan pencegahan kehilangan data (DLP). Kontrol manajemen hak informasi (IRM) berbasis DLP baru ini, yang saat ini tersedia dalam versi beta, akan mempersulit pengguna untuk membuat salinan dokumen yang mungkin mengekspos konten sensitif.

Aturan DLP G Suite telah memungkinkan admin membatasi berbagi dokumen secara langsung. Namun, pengguna dapat membuat salinan dokumen dengan mencetaknya, menyalinnya ke lokasi yang tidak dikelola, atau mengunduhnya ke media fisik. Salinan ini tidak tunduk pada kontrol berbagi yang sama, meningkatkan risiko konten tersebut terungkap.

Sudah ada kontrol sehingga pemilik dan editor dokumen dapat secara manual mencegah pengakses dan pemberi komentar untuk mencetak, menyalin, atau mendownload file mereka. Namun, ini menempatkan tanggung jawab untuk memilih batasan yang benar pada file pada pengguna akhir.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengguna akhir

Mengapa ini penting

Kontrol IRM baru akan membantu memastikan bahwa hanya ada satu versi dokumen sensitif, dan oleh karena itu kebijakan DLP perusahaan akan membantu melindunginya. Ini dapat membantu mengurangi potensi pemaparan konten sensitif yang tidak disengaja atau disengaja dalam dokumen. Hal ini juga mengurangi kebutuhan pengguna akhir untuk mengenali dan secara manual menyesuaikan pengaturan IRM untuk file, menciptakan proses yang lebih terukur dan otomatis untuk melindungi konten organisasi Anda.

Detil tambahan

Pengaturan admin untuk IRM dalam alur kerja pembuatan aturan DLP

Saat Anda membuat atau mengedit aturan DLP, akan ada opsi baru: "Beta: Nonaktifkan download, cetak, dan salin untuk pemberi komentar dan penonton". Jika dipilih, ini akan mencegah pengunduhan, pencetakan, dan penyalinan dokumen kecuali pengguna memiliki izin editor atau pemilik. Perhatikan bahwa ini hanya tersedia sebagai bagian dari sistem DLP Drive baru kami.



                Admin dapat menambahkan kontrol IRM ke aturan DLP


Pengguna akan melihat pemberitahuan baru pada file yang terpengaruh

Editor dan pemilik dokumen akan melihat catatan baru ketika berada di bagian pengaturan layar berbagi, seperti yang digambarkan di bawah ini. Pengguna dengan akses lihat atau komentar tidak akan dapat mendownload, menyalin, atau mencetak dokumen — opsi ini akan berwarna abu-abu untuk mereka. Perhatikan bahwa ini hanya membatasi peran "penonton" atau "pemberi komentar" dalam Drive.



Pemilik dan editor dokumen akan melihat catatan baru ketika mereka mencoba untuk membagikan dokumen tersebut

Pemirsa dokumen dan pemberi komentar akan memiliki opsi cetak, unduh, dan salin yang berwarna abu-abu

Admin: Fitur ini akan NONAKTIF secara default dan dapat diaktifkan sebagai bagian dari aturan DLP baru dan yang sudah ada. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat aturan DLP baru dan lihat FAQ tentang Drive DLP IRM beta.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini.


20. Tema gelap sekarang tersedia untuk Google Chat di Android dan iOS

29 July 2020

Kami menyempurnakan Google Chat di Android dan iOS dengan dukungan tema gelap. Tema gelap adalah fitur populer yang sering diminta oleh pengguna. Ini menciptakan pengalaman menonton yang lebih baik dalam kondisi cahaya redup dengan mengurangi kecerahan.




Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini secara otomatis akan mengikuti pengaturan sistem Android.


21. Memperbarui kebijakan konferensi video untuk acara Google Kalender yang didelegasikan dan ditransfer

29 July 2020

Kami membuat beberapa perubahan yang akan memengaruhi kebijakan konferensi video Google Meet yang diterapkan ke acara Google Kalender yang diselenggarakan oleh delegasi atau saat rapat ditransfer. Dalam kedua kasus tersebut, kebijakan konferensi video Google Meet sekarang akan didasarkan pada orang yang memiliki acara kalender, bukan delegasi atau pemilik acara asli.

Awalnya, perubahan ini hanya akan berlaku untuk rapat baru yang dibuat setelah peluncuran. Selama beberapa minggu ke depan, kami juga akan menerapkan perubahan ke acara yang ada. Perhatikan juga bahwa perubahan ini hanya akan berlaku untuk kalender utama. Untuk acara yang dibuat di kalender bersama atau kalender baru yang Anda buat, kebijakan akan diterapkan berdasarkan pengguna yang menambahkan link Google Meet.

Beberapa contoh spesifik dari potensi dampak perubahan ini ada di bawah.

Dampak pada pertemuan yang disiapkan oleh delegasi

  • Sebelumnya, setelan video Meet apa pun akan diterapkan berdasarkan setelan delegasi. Sekarang setelan akan diterapkan berdasarkan setelan pemilik kalender dan begitu juga dengan acara yang diorganisir sendiri oleh pemilik.

  • Sebelumnya, jika delegasi keluar dari organisasi, link konferensi video Google Meet di rapat tersebut akan berhenti berfungsi. Sekarang, itu akan terus berfungsi.

Dampak pada pertemuan dengan kepemilikan yang dialihkan

  • Sebelumnya, jika suatu acara ditransfer antara pengguna di organisasi yang berbeda atau ke pengguna dengan kebijakan akses yang berbeda, setelan video Meet apa pun akan diterapkan berdasarkan setelan pemilik asli. Sekarang, setelan akan diterapkan berdasarkan setelan pemilik acara baru.

  • Sebelumnya, jika pemilik asli dari acara yang ditransfer keluar dari organisasi, link konferensi video Meet akan berhenti berfungsi. Sekarang, itu akan terus berfungsi.

Sebelumnya, pengguna di organisasi baru mungkin harus meminta akses ke rapat jika acara ditransfer antar pengguna di organisasi yang berbeda. Sekarang, pengguna harus memiliki akses otomatis yang diharapkan, dan pengguna di organisasi pemilik asli harus meminta akses kecuali mereka diundang secara khusus ke rapat.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini, tetapi admin dapat mengelola setelan video Meet untuk organisasinya. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana setelan Google Meet berlaku untuk acara yang dibuat pada atau ditransfer ke Google Kalender lainnya.

Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pendelegasian kalender atau mentransfer acara.


22. Pemeriksa akses untuk Slide memastikan video dan audio yang dimasukkan dapat diputar

4 Agustus 2020

Apa yang berubah

Pemeriksa akses adalah fitur di Gmail dan Google Chat yang memastikan penerima file Drive memiliki izin untuk mengaksesnya. Kami sekarang memperluas pemeriksa akses ke Google Slide, untuk memastikan bahwa siapa pun yang melihat atau menyajikan presentasi Slide dapat memutar video dan file audio yang disematkan.

Saat Anda menyisipkan file video atau audio yang disimpan di Drive ke Slide, pemeriksa akses akan secara otomatis melihat apakah orang yang memiliki akses ke presentasi juga memiliki akses ke file audio atau video yang baru saja Anda sisipkan. Jika tidak, Pemeriksa akses akan menyarankan untuk mengubah izin file audio atau video sehingga semua pemirsa, pemberi komentar, editor, dan pemilik presentasi akan dapat melihat dan mendengar kontennya.

Kami juga sedang berupaya untuk meluncurkan fungsionalitas di masa mendatang yang akan melakukan pemeriksaan akses untuk semua file video dan audio Drive dalam presentasi setelah Anda membagikan presentasi dengan pengguna tambahan. Pada saat itu, kami mungkin menyarankan perubahan izin untuk beberapa file yang digunakan dalam presentasi. Kami akan memposting pembaruan apa pun tentang fitur yang sedang berlangsung ini di Blog Pembaruan G Suite.

Siapa yang terkena dampak

Pengguna akhir

Mengapa ini penting

Jika pengguna tidak dapat memutar file video dan audio dalam presentasi, itu bisa mengganggu. Saat presentasi, itu bisa menjadi pengalaman yang canggung atau negatif bagi presenter. Namun, secara manual memeriksa bahwa izin sudah benar sebelum menyajikan atau mendistribusikan presentasi memakan waktu. Dengan menambahkan pemeriksa Akses ke Google Slide, kami mempermudah untuk memastikan semua pemirsa presentasi mendapatkan pengalaman yang lengkap.




Admin: Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari cara mengelola Pemeriksa Akses untuk organisasi Anda.

Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default.


22. Garis waktu dan alat untuk transisi dari Google Sites klasik ke baru

6 Agustus 2020

Pada 2017, kami mengumumkan bahwa kami akan mengganti Sites klasik dengan Sites baru, dan pada 2019 kami mengumumkan bahwa domain memiliki waktu hingga akhir 2021 untuk menyelesaikan transisi. Sekarang, kami memberikan garis waktu yang lebih mendetail, serta alat baru untuk membantu Anda dan pengguna Anda mengelola transisi.

Untuk sepenuhnya beralih ke Sites baru pada akhir tahun 2021

Berikut adalah tampilan mendetail tentang jadwal yang diharapkan untuk transisi dari Sites klasik ke Sites baru:

  • Saat ini tersedia - Manajer Sites Klasik, alat yang dapat membantu admin dan pengguna mengelola transisi ke Sites baru. Lihat detail selengkapnya di bawah.

  • Mulai 13 Agustus 2020 - Situs Baru akan menjadi opsi default untuk pembuatan situs web. Lihat detail selengkapnya di bawah.

  • Mulai Mei 2021 - Pembuatan situs web baru tidak lagi tersedia di Sites klasik. Ini berarti bahwa situs web baru yang dibuat di organisasi Anda hanya akan ada di Sites baru.

  • Mulai Oktober 2021 - Pengeditan Sites klasik yang tersisa akan dinonaktifkan.

  • Mulai Desember 2021 - Saat pengguna mencoba mengunjungi Situs klasik, mereka tidak akan lagi melihat konten situs web. Sites klasik yang tersisa secara otomatis akan:

~ Diunduh sebagai arsip.

~ Diganti dengan draf di versi Sites baru untuk ditinjau dan dipublikasikan oleh pemilik situs.

Kami akan mengumumkan detail lebih lanjut tentang masing-masing tahapan ini di blog Pembaruan G Suite selama transisi. Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang transisi dari Sites klasik ke Sites baru.

Aktifkan Sites baru untuk pengguna sekarang

Jika Anda belum melakukannya, sebaiknya Anda mengaktifkan Sites baru untuk semua grup pengguna yang belum memiliki akses dalam domain Anda, dan menonaktifkan pembuatan Sites klasik baru. Ini akan membantu mengurangi jumlah Sites klasik yang dibuat dan kemudian perlu dimigrasi. Pengguna Anda tetap dapat melihat dan mengedit Sites klasik yang ada sesuai kebutuhan. Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengaktifkan Sites baru untuk pengguna Anda.

Alat Pengelola Situs Klasik baru sekarang tersedia

Alat baru, Manajer Situs Klasik, sekarang tersedia. Ini memberikan tampilan Sites klasik Anda, kemampuan untuk mengekspor ringkasan ke Google Sheets untuk manajemen proyek, opsi untuk mengonversi Sites klasik, dan mengambil tindakan massal untuk mengarsipkan atau menghapus situs. Saat ini, admin super dapat melihat dan mengelola semua Sites klasik di domain mereka, dan pengguna dapat melihat serta mengelola Sites klasik yang mereka miliki. Gunakan panduan ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan alat Pengelola Situs Klasik: panduan untuk admin G Suite, panduan untuk pengguna akhir.

  

Sites Baru opsi default mulai 13 Agustus 2020

Mulai 13 Agustus 2020, Sites baru akan menjadi opsi default untuk pembuatan situs web. Artinya jika Anda mengaktifkan Sites klasik dan Sites baru, saat pengguna membuka sites.google.com, mereka akan dialihkan ke sites.google.com/new. Dari sana, pengguna dapat melihat dan mengelola Sites baru, serta membuat situs dengan Sites baru. Pengguna tetap dapat menggunakan Sites klasik dengan mudah dengan mengeklik tombol "kembali ke Sites klasik" di beranda Sites baru.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengguna akhir

Mengapa Anda menggunakannya

Sejak meluncurkan Sites baru, kami telah mendengarkan dan memasukkan masukan Anda, dan permintaan teratas sekarang disertakan dalam pengalaman Sites baru. Ini termasuk:

  • Izin admin yang memungkinkan Anda mengontrol kemampuan pengguna untuk mengedit dan membuat situs dalam domain Anda.

  • Tata letak bagian dan templat siap pakai yang memungkinkan pengguna membuat situs web dengan lebih sedikit klik dan lebih sedikit keahlian pembuatan situs.

  • Riwayat versi yang memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat edit mereka, mengembalikan dan memulihkan versi sebelumnya, dan meninjau riwayat siapa yang membuat perubahan.

  • Jenis ubin baru yang memungkinkan pengguna lebih ekspresif dengan konten situs web, termasuk daftar isi, carousel gambar, teks yang dapat diciutkan, dan banyak lagi.

  • URL kustom dan publikasi ke audiens yang memungkinkan pengguna membagikan konten situs mereka.

Sebagai hasil dari peningkatan ini, Sites baru menawarkan fitur canggih dan pengalaman pengguna yang sederhana sehingga pengguna dapat membuat situs web tanpa perancang, pemrogram, atau bantuan TI. Misalnya, Anda dapat mempelajari tentang bagaimana pelanggan menggunakan Sites untuk mendukung kerja dan pembelajaran jarak jauh. Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana admin G Suite dapat menggunakan Google Sites baru.


Admin:

Default Sites Baru: Perubahan ini akan terjadi secara default jika Anda mengaktifkan Sites klasik dan baru. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Sites baru untuk pengguna di tingkat OU atau grup. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengaktifkan Sites baru.

Konsol Pengelola Sites Klasik: Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Pengelola Sites Klasik dan merencanakan transisi Anda menggunakan panduan migrasi ini.

Pengguna akhir:

Pengguna perlu beralih dari Sites klasik ke baru sesuai dengan garis waktu yang diuraikan di atas. Pelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan alat Pengelola Situs Klasik, atau kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari cara mengonversi Situs klasik ke Situs baru.


23. Blokir peserta Google Meet agar tidak mengetuk lagi

11 Agustus 2020

Kami membuat dua perubahan pada "knocking" (meminta untuk bergabung ke rapat) di Google Meet untuk mengurangi gangguan dalam rapat pendidikan.

Pertama, jika moderator rapat menolak ketukan dua kali dari peserta yang sama, peserta akan diblokir dari ketukan lagi. Ini berarti moderator tidak akan melihat pukulan tambahan dari pengguna tersebut selama rapat yang ada.

Kedua, jika moderator mengeluarkan seorang peserta, peserta tersebut tidak dapat:

Gabung kembali dengan rapat yang ada (meskipun mereka berada di domain atau di undangan kalender).

  • Ketuk untuk meminta bergabung kembali dengan rapat yang ada.

  • Sebelumnya, ketika anggota yang mengganggu dikeluarkan dari rapat, mereka dapat terus mengganggu rapat dengan bergabung kembali atau terus menerus mengetuk.

Perhatikan, jika moderator keliru mengeluarkan peserta, mereka masih dapat menambahkan peserta tersebut ke rapat dengan mengundang mereka secara manual. Mereka dapat menggunakan tombol tambahkan orang di panel orang.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang menghapus peserta Google Meet.


24. Aktifkan pengalaman terintegrasi baru di G Suite di seluruh web dan Android

12 Agustus 2020

Kami baru-baru ini mengumumkan ruang kerja terintegrasi baru yang semakin mendekatkan aplikasi G Suite favorit Anda. Kami sekarang meluncurkan ruang kerja ini ke Gmail di web dan Android. Pantau terus blog Pembaruan G Suite untuk informasi tentang waktu peluncuran iOS.

Gmail sekarang akan menampilkan empat komponen berbeda:

  • Mail, yang tidak berubah dan merupakan pengalaman Gmail yang sama yang dikenal dan disukai pengguna.

  • Meet Chat Personal, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan kepada individu dan kelompok kecil secara langsung.

  • Meet Chat Grup, yang merupakan ruang yang menyertakan obrolan bersama, file, dan tugas untuk membantu grup mengerjakan proyek dengan lebih mudah.

  • Meet Google, yang menampilkan rapat mendatang yang dapat Anda lihat dan ikuti.

Dengan peluncuran ini, Anda juga dapat membuka dan mengedit dokumen bersama tim Anda tanpa meninggalkan Gmail. Ini akan memudahkan Anda untuk berkolaborasi secara langsung dalam konteks tempat Anda melakukan pekerjaan saat itu.

Selain itu, kami telah memperkenalkan beberapa alat baru untuk membantu Anda memprioritaskan dan tetap fokus. Sekarang kamu bisa:

  • Tetapkan tugas grup.

  • Dapatkan pemberitahuan tentang pembaruan tugas di ruang.

  • Pasang pin pada ruangan penting agar lebih mudah ditemukan dan diakses.

  • Setel ketersediaan Anda ke "Jangan ganggu".

  • Lindungi waktu Anda dengan lebih baik dengan pemberitahuan status di Chat seperti "Sedang tidak di kantor".

  • Lihat file yang dibagikan di sebuah ruangan.

  • Lihat hasil pencarian terintegrasi dan beralih antara hasil Email dan Chat di web.

  • Mulai rapat baru atau lihat rapat mendatang Anda di bagian "Rapat" di web.

  • Kami berharap pengalaman terintegrasi baru di Gmail ini membantu Anda tetap fokus, produktif, dan berkolaborasi dengan lebih efektif — apa pun tampilan ruang kerja Anda.


Admin: Fitur ini akan diluncurkan ke semua domain dengan Chat lebih disukai diaktifkan. Obrolan lebih disukai dapat diaktifkan di unit organisasi (OU) atau tingkat domain. Sebaiknya Anda memigrasi organisasi Anda sekaligus untuk menghindari gangguan apa pun.

Perhatikan, fitur tertentu yang disertakan dalam peluncuran ini memerlukan layanan khusus untuk diaktifkan di konsol Admin. Kunjungi Pusat Bantuan untuk informasi lebih lanjut tentang memastikan Anda memiliki layanan ini yang dikonfigurasi dengan benar.

Pengguna akhir: Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengaktifkan atau menonaktifkan Chat di Gmail dan Meet di Gmail.


24. Tampilan UI untuk pengguna seluler yang ditingkatkan untuk Grup baru


17 Agustus 2020

Awal tahun ini, kami menyediakan Grup baru secara umum. Pengalaman baru menampilkan antarmuka yang diperbarui yang membuatnya lebih mudah digunakan di perangkat desktop. Sekarang kami juga meningkatkan tampilan Grup baru saat mengaksesnya di browser web seluler. Antarmuka modern dan disederhanakan sesuai dengan tampilan dan nuansa Grup baru di desktop, dan mempermudah penyelesaian tugas umum, termasuk:

Menemukan grup dengan menjelajahi, mencari, atau pergi ke grup favorit

Mengelola pengaturan keanggotaan Anda untuk grup

Membaca percakapan dalam kelompok

Perhatikan bahwa tidak semua interaksi grup tersedia di seluler. Misalnya, Anda tidak dapat memposting ke grup atau membalas percakapan di perangkat seluler. Untuk fungsionalitas penuh, gunakan grup di perangkat desktop.


Admin: Antarmuka baru akan AKTIF secara default untuk pengguna kecuali Anda telah menonaktifkan Grup baru untuk pengguna Anda. Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang menggunakan Grup baru di seluler, atau memindahkan organisasi Anda dari Grup klasik ke Grup baru.

Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default selama organisasi Anda belum menonaktifkan Grup baru untuk penggunanya. Untuk melihatnya, buka groups.google.com melalui browser web di perangkat seluler. Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari tentang

Jelajahi, urutkan, dan cari grup di ponsel   Kelola keanggotaan grup dan telusuri grup di menu


25. Pembaruan foto profil: Foto pengguna terpadu dan kontrol admin baru

25 Agustus 2020

Kami mengubah cara foto profil pengguna ditampilkan di seluruh produk dan layanan Google, dan memperbarui cara admin mengelola foto tersebut.

Tahun lalu, kami menghapus setelan foto di Gmail yang memungkinkan pengguna menyetel foto profil di Gmail berbeda dari Akun Google mereka. Mulai hari ini, pengguna yang masih memiliki dua foto profil berbeda akan dimigrasi ke satu foto profil. Pengguna tidak perlu melakukan tindakan apa pun, foto Akun Google saat ini akan menjadi satu-satunya foto profil mereka. Ini akan memastikan pengguna dilihat dan dikenali secara konsisten di berbagai produk dan antarmuka.

Kami juga memberi admin kemampuan untuk menyetel satu foto profil Akun Google untuk pengguna. Anda dapat menambahkan, mengganti, atau menghapus foto profil yang ada untuk pengguna melalui konsol Admin atau melalui API Direktori SDK Admin.

Foto profil Akun Google yang telah disetel sebelumnya disimpan dalam Arsip Album pengguna, tersedia di get.google.com/albumarchive. Foto profil baru yang ditetapkan oleh pengguna atau admin juga akan disimpan di sini.

Perhatikan bahwa jika pengguna memperbarui fotonya, foto akan terlihat oleh semua orang, di seluruh produk Google. Jika admin menambahkan foto ke akun pengguna, foto tersebut hanya akan terlihat oleh pengguna dalam organisasinya dan pengguna eksternal yang berinteraksi dengan mereka. Pelajari lebih lanjut tentang informasi apa yang dapat dilihat orang lain di seluruh layanan Google.


Admin: Pembaruan foto profil akan dilakukan secara default. Admin dapat menggunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari cara menambahkan foto profil pengguna melalui konsol Admin, atau menggunakan dokumentasi Pengembang kami untuk mempelajari cara memperbarui foto pengguna melalui API. Admin juga dapat mengontrol apakah akan mengizinkan pengguna mengubah foto dan informasi profil mereka.

Pengguna akhir: Tidak perlu tindakan apa pun. Jika diizinkan oleh Admin mereka, pengguna dapat menggunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari cara mengubah foto profil Akun Google mereka.



26. Menggunakan Kolaboratif kotak masuk dan label di Google Grup baru


25 agustus 2020

Kami meluncurkan dua fitur di Google Grup baru:

  • Kotak Masuk Kolaboratif, yang dapat digunakan oleh tim untuk berkolaborasi pada pesan yang diterima oleh grup, seperti tim dukungan pelanggan yang mengelola kueri dukungan dari pelanggan.

  • Label bersama, yang dapat membantu mengatur percakapan grup dan memungkinkan Anda untuk memfilter dan mencari pesan. Ini menggantikan tag dan kategori di Grup klasik.

Siapa yang terkena dampak

Pengguna akhir

Mengapa ini penting

Fitur ini tersedia di Grup klasik, tetapi sampai sekarang tidak tersedia di Grup baru. Kami berharap bahwa menambahkan mereka ke pengalaman baru akan memungkinkan lebih banyak pengguna untuk menggunakan antarmuka yang baru dan lebih baik di Grup.


Kotak Masuk Kolaboratif

Menggunakan Grup sebagai Kotak Masuk Kolaboratif dapat berguna jika Anda ingin menggunakan grup sebagai milis untuk sebuah tim, di mana anggota tim yang berbeda dapat melihat, mengelola, dan menanggapi pesan yang dikirim ke grup. Misalnya, Anda dapat memiliki Kotak Masuk Kolaboratif untuk tim dukungan Anda, sehingga semua tim dapat melihat pertanyaan ke alamat email dukungan Anda. Setelah pertanyaan diterima, anggota tim dapat saling menugaskan, mengategorikan topik dengan label, dan menandai topik sebagai terselesaikan. Kotak Masuk Kolaboratif di Grup baru memungkinkan:

  • Pencarian lanjutan, termasuk untuk status percakapan

  • Pemfilteran, termasuk filter cepat untuk status percakapan atau untuk membantu pengguna menemukan percakapan yang ditetapkan untuk dirinya sendiri, orang lain, atau yang belum ditetapkan

Kotak masuk kolaboratif yang sudah ada akan dapat diakses di pengalaman Grup baru. Grup baru dan yang sudah ada dapat diubah menjadi Kotak Masuk Kolaboratif melalui pengaturan Grup.

Label

Label adalah pengganti tag dan kategori di Grup klasik. Tag apa pun yang saat ini digunakan di Grup klasik akan dimigrasikan ke Grup baru sebagai label, dan fitur tersebut akan diaktifkan secara otomatis. Tag yang dibuat di bawah kategori juga akan dimigrasikan jika fitur Label diaktifkan di Grup baru. Perhatikan, kategori tidak akan dimigrasi.

Saat pesan diposting ke grup, pemilik atau pengelola grup dapat melabeli percakapan. Label akan muncul di panel navigasi kiri grup, dan setiap pengguna yang melihat grup kemudian dapat menelusuri dan memfilter percakapan berdasarkan label tersebut. Ini dapat mempermudah untuk menemukan pesan, untuk melihat pesan terkait yang dikelompokkan, atau untuk mengelola alur kerja dalam Kotak Masuk Kolaboratif.

Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini akan NONAKTIF secara default, tetapi dapat diaktifkan untuk setiap grup oleh pemilik atau pengelola grup. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang Kotak Masuk Kolaboratif dan label.

27. Gunakan target audiens dalam versi beta untuk membatasi berbagi Google Drive ke grup tertentu

25 Agustus 2020

Kami meluncurkan fitur baru yang memungkinkan admin menentukan audiens tertentu yang pengguna mereka dapat tautkan untuk berbagi file Drive. Hal ini memberi admin pengaruh lebih besar terhadap dengan siapa pengguna mereka berbagi file, dan membantu melindungi data organisasi dengan mengurangi potensi pembagian file yang tidak disengaja. Target audiens awalnya tersedia dalam versi beta terbuka.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengguna akhir

Mengapa Anda menggunakannya

Sebelumnya, admin dapat memilih untuk mengizinkan pengguna untuk berbagi-tautan file ke seluruh domain mereka atau siapa saja yang memiliki tautan. Target audiens memungkinkan admin untuk menentukan dan merekomendasikan opsi berbagi link yang lebih terperinci untuk pengguna.

Ini berarti admin dapat mencegah pembagian berlebihan tanpa menghambat kolaborasi — karena audiens target ditentukan dan direkomendasikan oleh admin mereka, pengguna dapat yakin bahwa berbagi file dengan audiens target cukup luas dan aman. Ini juga dapat membantu pengguna berbagi file lebih cepat, karena audiens target memungkinkan kemudahan berbagi tautan, tetapi dengan audiens yang lebih spesifik. Ini dapat mengurangi kebutuhan pengguna untuk menambahkan pengguna dan grup tertentu secara manual dan menanggapi permintaan akses individu.

Misalnya, admin dapat menyiapkan audiens dari semua anggota tim keuangan. Saat seseorang di tim tersebut mengaktifkan berbagi tautan untuk sebuah file, mereka akan melihat opsi untuk mengizinkan berbagi tautan kepada siapa pun di tim keuangan. Anggota tim dapat segera mengakses tautan, sementara siapa pun di luar tim harus meminta izin sebelum mereka dapat melihat file.



Admin: Temukan setelan Target audiens di konsol Admin> Direktori> Target audiens. Anda dapat menetapkan audiens target pada tingkat grup atau OU. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengelola audiens target untuk organisasi Anda.


Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini. Jika diaktifkan oleh admin, pengguna akan melihat target audiens yang tersedia bagi mereka sebagai opsi berbagi link untuk Drive, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.


28. Memperluas pintasan di Google Drive, mengurangi file yang tidak terorganisir

26 Agustus 2020


Awal tahun ini, kami membuat pintasan di Google Drive tersedia secara umum. Pintasan menyederhanakan struktur file dan folder di Drive dengan membuat petunjuk ke item, bukan memiliki item yang ada di beberapa lokasi. Ini membantu memastikan akses mudah ke file dan folder untuk pengguna yang berbeda sekaligus mengurangi kemungkinan kebingungan tentang bagaimana file dimiliki, dikelola, dan diperbarui.

Sekarang, kami ingin membagikan tiga pembaruan pada rencana kami untuk pintasan dan lokasi file:

  • Memperluas penggunaan pintasan: Menghapus beberapa tindakan tertentu yang masih membuat banyak lokasi untuk file.

  • Pembaruan migrasi: Detail selengkapnya tentang migrasi file beberapa lokasi yang ada ke pintasan.

  • Meningkatkan pengelolaan file dan mengurangi file "tidak terorganisir": Memastikan file yang lokasinya terakhir dihapus sekarang ditempatkan di folder Drive Saya milik pemilik. Lihat detail selengkapnya di bawah.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengguna akhir

Mengapa ini penting

Memperluas penggunaan pintasan akan meningkatkan konsistensi perilaku dan mempermudah pengguna untuk memahami bagaimana struktur Drive mereka.

Memperluas penggunaan pintasan

Setelah meluncurkan pintasan, masih ada beberapa cara bagi pengguna untuk menambahkan file ke beberapa lokasi. Kami sekarang menghentikan beberapa di antaranya untuk menciptakan pengalaman yang lebih konsisten di berbagai platform dan cara menggunakan Drive. Perubahan spesifik meliputi:

  • Saat menggunakan Drive di web, pintasan keyboard Shift + Z pada file bersama digunakan untuk menempatkan file di beberapa lokasi. Sekarang, ketika satu file atau beberapa item dipilih, Shift + Z akan membuat pintasan sebagai gantinya. Namun, jika satu folder dipilih, Shift-Z masih akan menambahkan lokasi lain untuk folder tersebut guna memastikan kompatibilitas berkelanjutan dengan akses offline melalui Pencadangan dan Sinkronisasi.

  • Saat menggunakan Drive di web, menjadikan orang lain sebagai pemilik file yang digunakan untuk membuat beberapa lokasi untuk file tersebut. Sekarang, jika pemilik baru dapat melihat lokasi file yang ada, itu akan tetap ada. Jika pemilik baru tidak dapat melihat lokasi yang ada, lokasi tersebut akan dipindahkan dari lokasinya saat ini ke folder Drive Saya milik pemilik baru, dan pintasan akan dibuat di tempatnya.

Pembaruan migrasi

Dalam pengumuman asli kami, kami menyebutkan bahwa kami akan memigrasi file yang ada di beberapa lokasi ke pintasan. Kami ingin membagikan lebih banyak detail tentang rencana ini:

  • Kami akan memulai migrasi ini beberapa saat pada tahun 2021. Kami akan mengumumkan migrasi di blog Pembaruan G Suite dan dengan spanduk pemberitahuan dalam produk setidaknya 2 minggu sebelum dimulai.

  • Migrasi akan menghapus semua kecuali satu lokasi file yang saat ini berada di beberapa lokasi, dan akan mengganti file yang dihapus dengan pintasan.

  • Heuristik migrasi akan didasarkan terutama pada kepemilikan asli, tetapi juga akan memperhitungkan sinyal tentang akses dan aktivitas di folder induk lainnya, untuk memastikan gangguan kolaborasi seminimal mungkin.

  • Akses dan kepemilikan file tidak akan terpengaruh.

  • Migrasi akan otomatis dan tidak memerlukan pekerjaan manual dari pengguna atau admin.

Meningkatkan manajemen file dan mengurangi file "tidak terorganisir"

File bisa menjadi tidak terorganisir saat lokasi terakhir sebelumnya dihapus. Misalnya, ini bisa terjadi jika Anda telah menambahkan file ke folder bersama yang kemudian dihapus oleh pemilik folder bersama.

Sebelumnya, dalam situasi tersebut Anda hanya dapat menemukan file dengan mencarinya secara khusus, bukan dengan menjelajahinya. Ini menyebabkan beberapa contoh di mana tampaknya file hilang. Sekarang, kami akan menambahkan item ini ke Drive Saya milik pemilik. Perubahan ini akan mempermudah pencarian file yang lokasinya telah dihapus.

Pengingat pembaruan API

Awal tahun ini, kami mengumumkan perubahan pada API Drive yang akan mendukung transisi ke pintasan file. Perubahan ini akan mulai berlaku pada 30 September 2020. Baca detail selengkapnya tentang perubahan API di sini.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk penggunaan pintasan yang diperluas di Drive.

Pengguna akhir: Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang pintasan di Drive.

29. Transmisikan Google Meet ke TV Anda

27 Agustus 2020
Sekarang Anda dapat mentransmisikan panggilan Google Meet ke TV atau smart display Anda.
Anda dapat mulai melakukan casting sebelum Anda bergabung dengan rapat atau kapan saja selama rapat.

Dengan melihat Meet di Cast, Anda dapat mengubah ruangan mana pun di rumah Anda menjadi ruang konferensi pribadi. Apakah Anda ingin menjauh dari pemberitahuan di laptop atau ponsel untuk lebih hadir dalam rapat atau Anda tidak bersuara dalam rapat yang lebih besar dan ingin berkonsentrasi pada tugas yang ada, mentransmisikan ke TV dapat membantu Anda menjadi lebih baik. produktif dan tetap fokus.

Meet dan Cast juga dapat dipasangkan untuk menyederhanakan pembelajaran jarak jauh. Siswa dapat melihat teman sekelas dan rencana pelajaran mereka di layar lebar sambil bekerja dari laptop mereka, dan pengajar dapat melihat siswa mereka secara lebih luas melalui panggilan.

Lihat pengumuman kami tentang Kata Kunci untuk informasi lebih lanjut tentang menggunakan Meet dan Cast bersama.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Untuk memulai, Anda perlu memiliki akun Google, memperbarui ke versi terbaru Chrome, dan memastikan bahwa perangkat Chromecast Anda telah memasang firmware terbaru. Fungsi Google Cast tersedia untuk semua pengguna Meet, dan transmisi berfungsi di Chromecast, TV dengan Chromecast internal, dan layar Nest. Lihat Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut.

30. Menambahkan dukungan untuk akun layanan di Google Grup

27 Agustus 2020

Kami menambahkan dukungan penuh untuk akun layanan di Grup dalam versi beta. Ini didasarkan pada pengumuman terbaru kami tentang Cloud Identity Groups API beta baru dan kemampuan untuk menggunakan akun layanan dengan Groups API tanpa delegasi seluruh domain. Dengan peluncuran ini, Anda sekarang dapat:

  • Tambahkan akun layanan dari domain primer dan sekunder tanpa mengaktifkan setelan "Izinkan anggota eksternal di grup".

  • Lihat jenis anggota akun layanan di halaman Grup dan log audit di konsol Admin.

  • Tambahkan, hapus, dan kelola keanggotaan akun layanan melalui konsol Admin dan Cloud Identity Groups API.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengembang

Mengapa ini penting

Grup adalah alat penting bagi pelanggan untuk mengelola penerapan G Suite mereka. Banyak pelanggan menggunakan akun layanan dengan Grup untuk mengotomatiskan pengelolaan pengguna, mengelola migrasi, dan mengintegrasikan G Suite dengan aplikasi, alat, dan layanan lain.

Hingga saat ini, sulit untuk menggunakan akun layanan dalam grup karena keterbatasan dalam fungsi. Peluncuran ini memperbaiki banyak tantangan dan mempermudah penggunaan akun layanan dengan grup sekaligus meningkatkan keamanan dan transparansi.


Fitur tersebut tidak memengaruhi Admin SDK Group API.


Admin: Fitur ini akan tersedia secara default. Anda dapat menggunakan akun layanan baru atau yang sudah ada. Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengelola Grup untuk organisasi Anda, membuat akun layanan, menggunakan Cloud Identity Groups API, atau melihat log audit Grup.

Pengguna akhir: Tidak berdampak bagi pengguna akhir.



31. Meningkatkan dukungan braille di Google Dokumen

31 Agustus 2020

Kami melakukan beberapa peningkatan pada dukungan braille di Google Dokumen untuk mempermudah pengguna teknologi pendukung, termasuk tampilan braille yang dapat disegarkan, untuk mengerjakan dokumen. Perubahan ini akan meningkatkan pengalaman membaca dokumen dengan pintasan keyboard baru, navigasi yang lebih baik, dan verbalisasi yang lebih andal. Kami mendorong pengguna teknologi asistif untuk mengaktifkan dukungan braille saat bekerja di Dokumen.

Perbaikan yang mungkin Anda perhatikan meliputi:

  • Anda dapat menggunakan pintasan Ctrl + Alt + H (CMD + Option + H di Mac) baru untuk mengaktifkan dukungan braille di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide.

  • Saat Anda menggunakan pintasan untuk menavigasi, kami sekarang mengumumkan ke mana kursor Anda bergerak, termasuk komentar, judul, salah eja, dan saran.

  • Kami meningkatkan keandalan dalam menavigasi dokumen dan daftar yang panjang.

  • Gambar, salah eja, dan kesalahan tata bahasa sekarang diucapkan langsung oleh teknologi bantuan.

  • Kami telah menyempurnakan navigasi dan pemilihan verbalisasi saat berpindah melalui tabel dan saat memilih konten, termasuk mengumumkan seluruh konten sel.

Harap pastikan untuk memperbarui ke versi terbaru dari teknologi bantuan dan browser Anda untuk mendapatkan manfaat penuh dari peningkatan ini.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default untuk pengguna dengan dukungan braille yang diaktifkan. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan tampilan braille dengan editor Dokumen, dan pastikan untuk memperbarui ke versi terbaru browser dan pembaca layar untuk menggunakan semua fitur.


32. Berkolaborasi dengan orang-orang yang tidak menggunakan akun Google di Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan Sites

31 Agustus 2020

Kami membuat berbagi pengunjung — kolaborasi aman berbasis kode PIN dengan orang-orang yang tidak memiliki akun Google — tersedia secara umum. Artinya, Anda dapat berbagi item dengan akun non-Google, memungkinkan mereka untuk melihat, mengomentari, atau mengedit konten di Google Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan Sites menggunakan kode PIN yang aman.

Berbagi pengunjung sebelumnya tersedia dalam versi beta, dan akan menggantikan setelan admin saat ini untuk mengizinkan pengguna di organisasi Anda mengirim undangan berbagi. '

Kami akan memperkenalkan fitur baru berdasarkan garis waktu ini:

  • 31 Agustus 2020: Setelan untuk mengontrol berbagi dengan orang yang tidak menggunakan akun Google akan mulai muncul di konsol Admin. Pengaturan ini mungkin aktif atau nonaktif secara default tergantung pada pengaturan Anda saat ini. Lihat "Memulai" di bawah untuk mempelajari lebih lanjut. Setelan ini tidak akan mulai berlaku untuk pengguna hingga 8 September 2020 (untuk domain rilis cepat) atau 28 September 2020 (untuk domain rilis terjadwal).

  • 8 September 2020: Pengguna di domain Rilis Cepat akan dapat menggunakan fitur baru, jika diaktifkan oleh admin mereka.

  • 28 September 2020: Pengguna di domain Rilis Terjadwal akan dapat menggunakan fitur baru, jika diaktifkan oleh admin mereka.


Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengguna akhir

Mengapa Anda menggunakannya

Pelanggan G Suite sering kali bekerja dengan partner di luar perusahaan mereka. Pengguna eksternal atau "pengunjung" ini tidak selalu memiliki akun Google, sehingga mempersulit pengguna G Suite dan non-Google untuk berkolaborasi dengan lancar dan aman.

Fitur baru ini akan membantu memastikan kolaborasi yang lancar dan aman dengan pengunjung melalui:

  • Kolaborasi yang kaya — termasuk komentar, hasil edit, dan banyak lagi⁠ — dengan siapa pun yang Anda butuhkan untuk bekerja sama, terlepas dari apakah mereka memiliki akun Google.

  • Audit logging untuk kolaborasi dengan pengunjung, sehingga semua interaksi dipantau dan dicatat.

  • Kemampuan untuk mencabut akses dan menghapus kolaborator sesuai kebutuhan.

  • Mengurangi kebutuhan untuk mengunduh, mengirim email, atau membuat file terpisah untuk bekerja dengan pengguna eksternal yang tidak memiliki akun Google.

  • Jika pengunjung memilih untuk membuat akun G Suite dengan alamat email mereka, kolaborasi dan riwayat aktivitas mereka akan dipertahankan setelah akun dibuat.


Berbagi pengunjung tidak akan didukung untuk pengguna Cloud Identity. Dengan peluncuran ini, pengguna Cloud Identity hanya dapat berbagi dengan penerima non-Google dengan mengirimkan undangan yang memungkinkan pengguna untuk melihat konten file dalam mode hanya-baca tanpa masuk ke akun Google.


Admin: Berbagi di luar organisasi Anda kepada pengguna dengan akun non-Google akan DIAKTIFKAN secara default jika Anda saat ini mengizinkan pengguna di organisasi Anda untuk mengirimkan undangan berbagi kepada orang-orang di luar organisasi Anda yang tidak menggunakan akun Google.

Berbagi di luar organisasi Anda kepada pengguna dengan akun non-Google akan NONAKTIF secara default jika saat ini Anda tidak mengizinkan berbagi di luar organisasi, atau menggunakan daftar putih domain, Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagi ke akun non-Google.

Berbagi pengunjung akan dikontrol oleh setelan baru di Konsol admin> Aplikasi> G Suite> Drive dan Dokumen> Setelan Berbagi. Lihat gambar di bawah. Pengaturan baru dapat dikontrol di domain atau tingkat OU.

Pengguna akhir: Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagi pengunjung. Pengunjung dapat menggunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari cara menghapus sesi pengunjung mereka.




33. Tambahkan kontak dengan cepat ke dalam pesan Gmail di Android

1 September 2020

Pengguna Gmail di Android sekarang dapat secara otomatis menambahkan kontak ke baris "Kepada" pada email dengan mengetik "+" atau "@" di badan email dan kemudian memilih nama kontak dari daftar yang muncul.

Fitur ini sebelumnya tersedia di web.














Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini AKTIF secara default. Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengirim pesan di Gmail.


33. Segera hadir: Lihat tanda dibaca pada pesan langsung di Google Chat

3 September 2020

Paling lambat tanggal 5 Oktober, Anda akan dapat melihat kapan pesan langsung Google Chat Anda telah dilihat. Ini hanya akan berlaku di jendela obrolan aktif untuk percakapan empat mata di Android, iOS, dan web. Dalam pesan ini, Anda akan melihat avatar orang yang mengobrol dengan Anda di sebelah kanan pesan terakhir yang mereka lihat.

Tanda terima telah dibaca akan menunjukkan kepada pengirim ketika pesan telah dibaca oleh penerima atau jika penerima telah membalas pesan dari pemberitahuan. Tanda terima telah dibaca tidak akan terlihat di ruang atau pesan grup.

Fitur ini sebelumnya tersedia di Hangouts klasik dan sekarang tersedia di Google Chat.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini.


34. API pengelolaan perangkat baru sekarang tersedia secara umum

3 September 2020

Awal tahun ini, kami mengumumkan bahwa API baru untuk mengelola perangkat seluler dan desktop milik perusahaan dan pribadi telah tersedia dalam versi beta. Sekarang, kami membuat API tersebut tersedia secara umum. Tidak ada perubahan pada API baru sejak kami meluncurkan versi beta.

API Perangkat baru memungkinkan Anda mengelola perangkat seluler dan desktop dalam organisasi Anda. Ini dimaksudkan untuk sepenuhnya menggantikan titik akhir Mobile Devices yang ada dari API Direktori SDK Admin, dan menyediakan beberapa fungsi tambahan yang signifikan seperti yang dijelaskan di bawah ini. Titik akhir Mobile Devices (alias "API lama") akan terus didukung.


API manajemen perangkat menerapkan fungsi baru berikut yang tidak ditemukan di titik akhir Mobile Devices di API Direktori:

-Dukungan untuk perangkat desktop

-Tambahkan perangkat milik perusahaan ke inventaris perangkat

-Kelola inventaris perangkat milik perusahaan

-Kelola inventaris perangkat desktop

-Kemampuan untuk mengelola perangkat dalam semua mode manajemen (Fundamental, Basic atau Advanced)

-Buat dan kelola status kustom dengan setiap akun pengguna di perangkat. Status kustom ini dapat digunakan dalam membuat keputusan akses peka konteks.


Selain itu, fungsi utama berikut dari API lama juga tersedia di API baru:

-Kelola inventaris BYOD untuk perangkat Android dan iOS

-Kelola akun pengguna organisasi di perangkat

-Perangkat di bawah pengelolaan Dasar atau Lanjutan dapat dikelola

-Lakukan tindakan seperti menghapus perangkat dan akun pengguna organisasi di perangkat

Telusuri perangkat dan akun pengguna organisasi di perangkat


Admin: API tersedia secara default. Lihat dokumentasi API kami untuk mempelajari lebih lanjut.

Pengguna akhir: Tidak ada dampak bagi pengguna akhir.


35. API pengelolaan perangkat baru sekarang tersedia secara umum

3 September 2020

Kami membuat grup keamanan tersedia dalam versi beta. Grup keamanan membantu Anda dengan mudah mengatur, mengaudit, dan memantau grup yang digunakan untuk tujuan kontrol akses dan izin. Mereka memungkinkan admin untuk:

- Terapkan label ke Google Grup yang ada untuk membedakannya dari grup daftar email.

Berikan jaminan kuat bahwa:

1,. Grup eksternal (dimiliki di luar organisasi Anda) dan grup non-keamanan tidak dapat ditambahkan sebagai anggota grup keamanan.

2. Label keamanan, setelah ditetapkan ke grup, tidak dapat dihapus.

Anda akan segera dapat menggunakan peran admin yang lebih terperinci untuk memisahkan administrasi grup keamanan dan non-keamanan. Pantau terus blog G Suite Updates untuk mengetahui pengumuman peluncurannya.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengembang

Mengapa Anda menggunakannya

Grup digunakan dalam berbagai cara. Ini dapat mencakup grup yang membantu tim berkomunikasi dan berkolaborasi, serta grup yang mengontrol akses ke aplikasi dan sumber daya penting. Grup keamanan dapat membantu pelanggan mengelola kategori grup ini secara berbeda untuk meningkatkan postur keamanan mereka secara keseluruhan.

Misalnya, jika Anda memiliki persyaratan kepatuhan atau peraturan untuk mengelola kontrol akses, Anda mungkin telah menyiapkan konvensi penamaan untuk melacak grup mana yang digunakan untuk tujuan ini. Dengan grup keamanan, Anda sekarang dapat menetapkan label keamanan ke grup ini dan lebih mudah mengelolanya tanpa harus menggunakan solusi seperti konvensi penamaan.

Admin: Anda dapat menetapkan grup sebagai grup keamanan melalui Cloud Identity Groups API, lalu mengelola grup tersebut melalui Admin SDK Groups API, konsol Admin, atau Cloud Identity Groups API. Lihat dokumentasi API kami untuk mempelajari cara memperbarui Google Grup menjadi grup keamanan.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini.



36.Filter log audit dan laporan penggunaan berdasarkan grup

10 September 2020

Anda sekarang dapat memfilter log audit dan laporan penggunaan oleh grup tertentu. Saat Anda menambahkan grup baru atau yang ada ke daftar perbolehkan, Anda kemudian dapat memfilter untuk melihat peristiwa log atau laporan penggunaan oleh grup tertentu tersebut.

Ini dapat membuatnya lebih efisien untuk menemukan entri log, dan memungkinkan Anda untuk lebih cepat dan mudah fokus pada audiens target tertentu untuk lebih memahami informasi akun pengguna, penggunaan aplikasi, dan keamanan.


Admin: Fitur ini tersedia secara default dan mengaktifkan kontrol di tingkat grup. Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memfilter menurut grup atau cara memeriksa aktivitas pengguna atau admin dengan laporan.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaruh pengguna akhir.


37. Google Grup baru menjadi default untuk semua pengguna pada 15 September 2020


11 September 2020

Awal tahun ini, kami membuat Grup Google baru tersedia secara umum. Sejak saat itu, ini menjadi versi default Grup, tetapi admin dapat menonaktifkan antarmuka baru untuk pengguna mereka melalui setelan Konsol admin.

Mulai 15 September 2020, kami akan menjadikan Grup baru sebagai default untuk semua pengguna. Jika ini terjadi:

-Setelan Konsol admin untuk menonaktifkan Grup baru untuk pengguna Anda akan dihapus.

-Setiap pengguna yang menggunakan Grup klasik akan mulai melihat Grup baru sebagai gantinya.

-Pengguna individu masih dapat memilih untuk menggunakan antarmuka Grup klasik dengan mengeklik Setelan> Kembali ke Grup Google klasik.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengguna akhir

Mengapa ini penting

Grup Baru memiliki antarmuka pengguna yang lebih efisien dan efisien, yang memudahkan pengguna untuk membuat dan mengelola grup. Lihat pengumuman kami sebelumnya untuk ikhtisar lengkap tentang pengalaman Grup baru. Dalam pengumuman tersebut, kami mencatat bahwa beberapa fitur di Grup klasik belum tersedia di Grup baru. Sejak saat itu, kami mendengarkan masukan Anda dan baru-baru ini meluncurkan beberapa fitur yang sangat diminta, termasuk:
Admin: Setelan konsol Admin untuk menonaktifkan Grup baru untuk pengguna Anda akan dihapus. Tidak akan ada lagi cara bagi Anda untuk mengharuskan pengguna Anda menggunakan Grup klasik.

Pengguna akhir: Pengguna akhir akan melihat Grup baru secara default saat mereka membuka groups.google.com, tetapi dapat kembali ke Grup klasik kapan saja.

38. Tampilan dan nuansa baru untuk aplikasi seluler Google Meet

11 September 2020

Kami memperbarui antarmuka pengguna (UI) aplikasi seluler Google Meet untuk Android dan iOS. UI seluler baru akan memiliki tampilan dan nuansa yang sama seperti pengalaman rapat di aplikasi Gmail.
Selain desain yang diubah, Anda sekarang akan melihat tombol Rapat Baru. Saat Anda mengetuk tombol ini, Anda akan melihat tiga opsi:

-Dapatkan info bergabung ke rapat untuk dibagikan dengan orang lain.

-Mulai panggilan Meet secara instan.

-Jadwalkan pertemuan baru di Google Kalender.

UI baru ini diluncurkan di iOS sekarang; periksa kembali untuk pembaruan pada posting ini ketika peluncuran ke Android dimulai.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: UI baru ini akan muncul secara default setelah Anda mengupgrade aplikasi Meet


iOS ke versi 45 atau lebih tinggi.


39.API baru untuk mengeluarkan pengguna dan mengontrol Verifikasi 2 Langkah

14 September 2020

Kami menambahkan dua API baru ke API Direktori SDK Admin:

Keluarkan pengguna dari semua sesi

Endpoint baru ini memungkinkan admin secara terprogram mengeluarkan pengguna dari semua sesi web dan perangkat. Ini dapat membantu mengelola akses akun ketika pengguna keluar dari organisasi, jika perangkat hilang atau salah tempat, atau jika pengguna lupa keluar dari perangkat bersama. Kami tidak menyarankan penggunaan ini untuk mengeluarkan pengguna dan memaksa masuk secara berkala; Anda dapat menjelajahi fitur kontrol sesi web Google untuk kasus penggunaan tersebut.

Nonaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Endpoint baru ini memungkinkan admin menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah (2SV) secara terprogram. Tindakan ini juga menghapus semua metode 2SV di akun. Perhatikan bahwa dalam beberapa kasus, 2SV tidak dapat dinonaktifkan untuk pengguna karena kebijakan lain yang mungkin berlaku. Misalnya, pengguna mungkin terdaftar di Program Perlindungan Lanjutan, atau "2SV diberlakukan" diaktifkan; dalam kasus seperti itu, API akan gagal dengan kode dan pesan kesalahan yang sesuai.

Perhatikan bahwa kedua tindakan ini sudah dapat dilakukan melalui konsol Admin. Peluncuran saat ini juga membuatnya dapat diakses melalui API sehingga dapat diintegrasikan ke dalam alur kerja onboarding otomatis.


Admin dan pengembang: Fitur ini akan tersedia melalui API Direktori SDK Admin. Gunakan dokumentasi API untuk mempelajari lebih lanjut tentang titik akhir baru untuk mengeluarkan pengguna atau menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini.


40.Item sampah Google Drive akan otomatis dihapus setelah 30 hari mulai tanggal 13 Oktober 2020

15 September 2020

Mulai 13 Oktober 2020, kami mengubah kebijakan retensi untuk item di Sampah di Google Drive. Dengan kebijakan baru ini, file apa pun yang dimasukkan ke sampah Google Drive akan otomatis dihapus setelah 30 hari. Sebelumnya, item sampah akan disimpan tanpa batas waktu sampai sampah dikosongkan oleh pengguna.

Semua file yang sudah ada di sampah pengguna pada 13 Oktober 2020 akan tetap ada di sana selama 30 hari. Setelah jangka waktu 30 hari, file yang sudah ada di sampah selama lebih dari 30 hari akan mulai dihapus secara otomatis.

Siapa yang terkena dampak

Pengguna akhir

Mengapa ini penting

Perubahan ini sesuai dengan kebijakan produk dan layanan G Suite lainnya, seperti Gmail. Ini akan membantu memastikan perilaku konsisten dan dapat diprediksi untuk pengguna di seluruh produk G Suite, dan akan membantu memastikan bahwa item sampah pengguna benar-benar dihapus seperti yang diharapkan.

Detil tambahan

Catatan perubahan kebijakan

-Admin masih dapat memulihkan item yang dihapus dari sampah pengguna hingga 25 hari untuk pengguna aktif.

-Kebijakan retensi yang ditetapkan oleh admin di Google Vault tidak terpengaruh oleh perubahan ini, kecuali kebijakan tersebut menjadi usang karena sekarang berlebihan. Pelajari lebih lanjut tentang aturan retensi untuk Drive.

-Perubahan ini memengaruhi item yang dibuang dari perangkat apa pun dan platform apa pun.

-File yang dihapus melalui Drive File Stream akan dihapus dari sampah sistem setelah 30 hari. -Tidak ada pengaruh terhadap perilaku Pencadangan dan Sinkronisasi.

-File di sampah drive bersama sudah otomatis dihapus setelah 30 hari.

-Item di sampah akan tetap menggunakan kuota.


Saat kebijakan ini berlaku, kami akan menampilkan spanduk kepada pengguna dengan detail perubahannya. Perubahan kebijakan akan berlaku terlepas dari apakah pengguna melihat atau mengakui spanduk. Kami akan menampilkan pemberitahuan dalam aplikasi di Drive mulai hari ini dan di produk Editor kami (mis., Google Dokumen dan Google Formulir) mulai 29 September.


Admin: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini. Kunjungi Pusat Bantuan kami untuk melihat bagaimana admin dapat memulihkan data Drive pengguna.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini


41.Buramkan latar belakang Anda di Google Meet

15 September 2020

Untuk membantu membatasi gangguan selama rapat, Anda sekarang dapat mengaburkan latar belakang video Anda di Google Meet. Jika diaktifkan, Meet akan secara cerdas memisahkan Anda dari latar belakang, memburamkan lingkungan Anda sekaligus membuat Anda tetap jelas dan fokus.

Kami baru-baru ini juga meluncurkan kemampuan untuk memfilter kebisingan latar belakang yang mengganggu di Google Meet. Bersama-sama, fitur-fitur ini mengurangi gangguan audio dan visual, dan membantu memastikan rapat yang lebih produktif.

Latar belakang buram bekerja langsung di dalam browser Anda dan tidak memerlukan ekstensi atau perangkat lunak tambahan apa pun. Saat diluncurkan, ini akan berfungsi di browser Chrome di perangkat desktop Windows dan Mac. Dukungan untuk aplikasi seluler ChromeOS dan Meet akan segera hadir, kami akan mengumumkannya di blog Pembaruan G Suite jika tersedia di perangkat tersebut.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini NONAKTIF secara default


42.Lihat hingga 49 orang, termasuk Anda sendiri, di Google Meet

15 September 2020

Anda sekarang dapat melihat hingga 49 orang secara bersamaan di opsi tata letak otomatis dan ubin di Google Meet. Selain itu, kami telah menambahkan kemampuan untuk melihat diri Anda sebagai ubin dalam panggilan. Saat Anda mengarahkan kursor ke thumbnail di pojok kanan atas, Anda sekarang akan melihat opsi untuk menambah atau menghapus diri Anda sendiri dari kisi. Perubahan ini hanya dapat dilihat oleh Anda.

Siapa yang terkena dampak

Pengguna akhir

Mengapa Anda menggunakannya

Melihat lebih banyak orang pada saat yang sama dapat meningkatkan dinamika pertemuan kelompok dan kelas yang lebih besar. Baik itu melihat reaksi semua orang terhadap apa yang sedang dibahas, atau lebih mudah melacak banyak pembicara, ini dapat membantu pertemuan virtual terasa lebih seperti pertemuan langsung dan mendorong partisipasi. Selain itu, menambahkan diri Anda sebagai ubin penuh memungkinkan Anda melihat diri Anda lebih baik. Ini dapat membuat Anda merasa lebih seperti bagian dari kelompok yang lebih besar, terutama saat mengambil tangkapan layar atau foto.

Kami berharap ini membantu individu dan tim merasa lebih terhubung saat terpisah.

Detil tambahan

Fitur ini hanya tersedia di Meet di web. Secara default, jumlah ubin maksimum yang akan Anda lihat di tata letak otomatis adalah 9, dan dalam tata letak berubin adalah 16.

Dengan peluncuran ini, Anda juga dapat menggunakan penggeser untuk menyesuaikan jumlah ubin yang Anda lihat. Anda mungkin ingin meningkatkan maksimum ketika Anda memiliki grup besar, atau mengurangi jumlah ubin jika Anda memiliki koneksi internet yang lemah. Perhatikan bahwa penyesuaian slider khusus untuk setiap pertemuan, itu akan mengatur ulang antara setiap pertemuan dan Anda kemudian dapat menyesuaikan setiap kali. Anda mungkin juga melihat lebih sedikit ubin tergantung pada ukuran jendela Anda, karena ubin yang tersedia akan menyesuaikan agar sesuai dengan layar Anda.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini akan NONAKTIF secara default. Untuk mengubah tata letak Anda, buka Pengaturan> Ubah tata letak


 43. Aplikasi Google Device Policy segera menghentikan dukungan untuk iOS 10

16 September 2020

Aplikasi Google Device Policy tidak mendukung perangkat seluler yang menjalankan iOS versi 10 atau lebih rendah setelah akhir tahun 2020. Jika organisasi Anda mengaktifkan pengelolaan perangkat seluler lanjutan (MDM), pengguna harus meningkatkan ke iOS versi 11 atau lebih tinggi untuk mengakses fitur MDM baru atau untuk mengunduh aplikasi Kebijakan Perangkat untuk pertama kalinya.

Kami akan menghapus dukungan untuk iOS 10 pada rilis pertama aplikasi Kebijakan Perangkat pada tahun 2021. Oleh karena itu, pastikan pengguna Anda meningkatkan perangkat mereka sebelum akhir tahun untuk menghindari gangguan apa pun pada pekerjaan mereka.


 44. Berbagi folder di drive bersama sekarang tersedia secara umum

16 September 2020

Anda sekarang dapat berbagi folder di drive bersama. Sebelumnya, fitur ini tersedia dalam versi beta.

Drive bersama memberdayakan tim dan organisasi untuk menyimpan, mengakses, dan berkolaborasi pada file. Dengan peluncuran ini, Anda dapat berbagi folder tertentu dengan pengguna lain, atau meningkatkan akses anggota untuk memberi pengguna izin tambahan pada folder tertentu dalam drive bersama.

Saat peluncuran, fitur ini tersedia melalui Drive di web, Drive API, Drive File Stream (v. 42+), dan aplikasi Google Drive terbaru untuk iOS (v. 4.2020.36202+) dan Android (v. 2.20.321 +). Ini akan tersedia melalui sistem file asli di ChromeOS dengan rilis mendatang.


Beberapa pembaruan dan pengingat dari posting beta:

-Peran pemberi komentar tersedia di Drive Saya: Untuk menyelaraskan Drive Saya dan drive bersama, peran 'Pemberi Komentar' sekarang akan tersedia untuk folder di Drive Saya. Sebelumnya, hanya Viewer dan Editor yang tersedia.

-Peran manajer diperlukan untuk memindahkan folder di antara drive bersama: Seperti yang dijelaskan di postingan kami sebelumnya, memindahkan folder di antara drive bersama hanya diizinkan untuk pengguna yang menjadi pengelola di lokasi asli dan target.


Admin: Fitur ini akan tersedia untuk semua domain dengan Drive Bersama diaktifkan

Pengguna akhir: Fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna dengan drive bersama


 45. Antarmuka yang diperbarui untuk mengelola Google Grup di konsol Admin

17 September 2020

Kami memperbarui antarmuka yang digunakan admin untuk mengelola Google Groups for Business di organisasi mereka. Setelan Google Groups for Business memungkinkan admin mengontrol bagaimana Google Grup dapat dibuat dan digunakan dalam domain mereka. Semua pengaturan yang sama akan tersedia di antarmuka baru, tetapi strukturnya akan diubah agar lebih mudah untuk menemukan dan mengubah pengaturan.

Selain itu, kami menambahkan informasi Grup ke log audit Admin, yang memungkinkan admin mengetahui kapan dan oleh siapa setelan diubah.


Admin: Anda akan melihat antarmuka baru secara default saat Anda membuka Konsol admin> Aplikasi> G Suite> Groups for Business.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaruh pengguna akhir.


46. Selenggarakan diskusi kolaboratif dengan integrasi papan tulis digital baru di Google Meet

22 September 2020

Dengan integrasi Google Jamboard dan Google Meet baru, Anda sekarang dapat membuat atau membuka jam yang sudah ada saat menggunakan video call Meet. Integrasi papan tulis digital ini berarti Anda dapat menggunakan Jamboard secara virtual untuk mengadakan sesi curah pendapat kolaboratif dengan rekan kerja atau siswa Anda secara real-time, bahkan saat Anda tidak dapat berada di ruangan yang sama.


Anda juga dapat menyimpan, berbagi, dan melanjutkan papan tulis kapan saja dengan Jamboard.

Perhatikan, Anda hanya dapat memulai atau membuka Jamboard selama panggilan Meet jika Anda bergabung dengan panggilan tersebut di komputer. Peserta panggilan video di perangkat seluler atau tablet akan mendapatkan tautan ke file Jamboard dan diarahkan ke aplikasi Jamboard.


Admin: Fitur ini AKTIF secara default untuk semua domain dengan Jamboard diaktifkan

Pengguna akhir: Tidak ada pengaturan pengguna akhir untuk fitur ini.


47. Tambahkan dan kelola kutipan dengan mudah di Google Dokumen

23 September 2020

Kami meluncurkan fitur baru untuk membantu Anda menambahkan, mengelola, dan memformat kutipan akademik di Google Dokumen. Ini akan membuat penulisan makalah akademis lebih mudah karena Anda tidak perlu menggunakan add-on, atau menyalin kutipan dari alat lain.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah menyisipkan kutipan dalam teks dan membuat bibliografi dalam gaya MLA, APA, atau Chicago (tanggal pengarang). Jenis sumber yang didukung meliputi buku, bagian buku, situs web, artikel jurnal, dan artikel surat kabar.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Temukan dan gunakan alat kutipan di menu Alat.


48.Migrasikan pengguna dan data antara lingkungan G Suite dengan lebih mudah


24 September 2020

G Suite Migrate, saat ini tersedia dalam versi beta, membantu admin menilai, merencanakan, dan memigrasikan sejumlah besar konten langsung ke G Suite. Ini sudah mendukung Microsoft Exchange, Microsoft SharePoint, Microsoft OneDrive, berbagi file, dan migrasi Box. Dengan peluncuran ini, Anda sekarang juga dapat bermigrasi di antara lingkungan G Suite. Secara khusus, Anda dapat:

-Migrasikan Gmail, Kalender, Drive, dan data lainnya secara selektif di antara lingkungan G Suite.

-Pilih untuk memigrasi semua pengguna dari satu lingkungan ke lingkungan lain.

-Migrasikan data pengguna tertentu secara selektif (unit organisasi, pengguna, atau sekumpulan data) antara lingkungan G Suite.


Admin: Kunjungi Pusat Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang G Suite Migrasi dan migrasi antara lingkungan G Suite.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaruh pengguna akhir.



49.Tema gelap sekarang tersedia untuk Dokumen, Spreadsheet, dan Slide di iOS


28 September 2020

Sekarang Anda dapat menggunakan Tema gelap dengan Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide di perangkat iOS. Tema gelap sudah tersedia untuk pengguna Android.

Anda juga dapat melihat bagaimana dokumen Anda akan terlihat dalam tema terang untuk kolaborator dan pemirsa dengan memilih menu tiga titik "Lainnya" dan mengubah opsi "lihat dalam tema terang".

Admin: Tidak perlu tindakan apa pun.

Pengguna akhir: Fitur ini secara otomatis akan mengikuti pengaturan sistem iOS. Tema gelap dapat diaktifkan atau dinonaktifkan di aplikasi Dokumen, Spreadsheet, atau Slide satu per satu dengan membuka Menu> Setelan> Tema



50.Lihat aplikasi mana yang diverifikasi Google di konsol Admin


28 September 2020

Dengan peluncuran ini, kami akan menunjukkan apakah aplikasi diverifikasi Google di konsol Admin pada halaman detail aplikasi dan halaman ringkasan Kontrol Akses Aplikasi. Kami berharap dengan visibilitas ini, Anda dapat lebih mudah membuat keputusan yang tepat tentang akses ke data G Suite dalam organisasi Anda.

Aplikasi seringkali memerlukan akses ke data G Suite untuk membantu pengguna Anda menyelesaikan pekerjaan. Google bekerja sama dengan pengembang aplikasi untuk memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga mematuhi persyaratan privasi dan keamanan Google.

Jika aplikasi memenuhi persyaratan verifikasi tertentu, mereka dianggap "diverifikasi Google". Jika mereka tidak menyelesaikan proses verifikasi, mereka dianggap "belum diverifikasi" dan mungkin tunduk pada pembatasan. Anda dapat mengontrol aplikasi mana yang dapat mengakses data G Suite sensitif melalui Kontrol akses aplikasi, dan memilih untuk memberi otorisasi aplikasi yang tidak diverifikasi jika Anda mau.

Admin: Status verifikasi akan ditampilkan untuk semua aplikasi. Gunakan Pusat Bantuan kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang persyaratan verifikasi aplikasi, cara mengelola aplikasi mana yang mengakses data G Suite, dan cara memberi otorisasi aplikasi yang tidak diverifikasi.

Pengguna akhir: Tidak ada pengaruh pengguna akhir.

 

51.Filter gangguan yang mengganggu di Google Meet, sekarang di perangkat seluler


28 September 2020

Google Meet sekarang dapat dengan cerdas menyaring kebisingan latar belakang di Android dan iOS. Artinya Meet akan otomatis menghapus suara yang mengganggu dari input audio perangkat seluler Anda sambil tetap membiarkan suara Anda masuk.

Fitur ini sudah tersedia di web.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: Fitur ini NONAKTIF secara default.


52.Fitur baru untuk membantu meningkatkan dan menganalisis data di Google Spreadsheet


29 September 2020

Kami meluncurkan Sheets Smart Cleanup, dua fitur yang akan mempermudah persiapan dan analisis data di Spreadsheet:

-Saran pembersihan, yang membantu memastikan data Anda akurat dengan mengidentifikasi dan menyarankan perbaikan untuk kesalahan data umum.

-Statistik kolom, yang memberikan wawasan otomatis tentang nilai-nilai dalam kolom, sehingga Anda dapat mengidentifikasi pencilan dan dengan cepat mengetahui seperti apa tampilan data Anda.

Siapa yang terkena dampak

Pengguna akhir

Mengapa ini penting

Fitur ini membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan tindakan pembersihan, dan membantu Anda lebih yakin bahwa data Anda tidak terdistorsi oleh kesalahan sederhana. Ini juga akan memungkinkan analisis yang lebih cepat dengan menghasilkan tampilan cerdas yang dapat membantu memunculkan wawasan, yang kemudian dapat Anda pilih untuk dilihat lebih dekat.

Detil tambahan

Saran pembersihan

Sebelum menganalisis dan membuat keputusan berdasarkan data di lembar Anda, penting untuk membersihkan data Anda dengan memperbaiki kesalahan dan meningkatkan konsistensi data. Saran pembersihan akan membantu Anda melakukan ini dengan menampilkan saran cerdas di panel samping. Saran ini mungkin termasuk menghapus spasi ekstra, menghapus baris duplikat, menambahkan pemformatan angka, mengidentifikasi anomali, memperbaiki data yang tidak konsisten, dan banyak lagi. Ini dapat membantu membuat pembersihan data lebih cepat dan lebih akurat.



Statistik kolom

Statistik kolom dapat membantu Anda memahami data dengan cepat dengan membuat visualisasi dan statistik utama secara otomatis yang memberikan wawasan tentang data di kolom tertentu. Wawasan ini dapat mencakup bagan hitungan dan distribusi, tabel frekuensi, dan statistik ringkasan. Ini dapat membantu Anda dengan cepat mengetahui potensi outlier dan dengan percaya diri melanjutkan ke analisis yang lebih dalam.


Admin: Tidak ada kontrol admin untuk fitur ini.

Pengguna akhir: 

-Saran pembersihan: Saat Anda berada di Spreadsheet, buka Data> Saran pembersihan. Saat Anda mengimpor data ke Spreadsheet, Anda mungkin juga melihat pemberitahuan proaktif.

-Statistik kolom: Saat Anda berada di Spreadsheet, buka Data> Statistik kolom.


53.Kedaluwarsa keanggotaan grup tersedia dalam versi beta


30 September 2020

Kami menambahkan kemampuan untuk menetapkan masa berlaku keanggotaan grup menggunakan Cloud Identity Groups API. Ini memungkinkan admin untuk mengatur berapa lama pengguna menjadi anggota grup. Setelah waktu yang ditentukan berlalu, pengguna akan dikeluarkan dari grup secara otomatis.

Kedaluwarsa keanggotaan saat ini tersedia sebagai beta terbuka, yang berarti Anda dapat menggunakannya tanpa mendaftar di program beta tertentu.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengembang

Mengapa ini penting

Grup adalah cara ampuh untuk mengelola izin dan kontrol akses di organisasi Anda. Dalam banyak kasus ,, ada jumlah waktu yang diketahui seorang pengguna harus menjadi anggota grup. Hal ini dapat membuat pengelolaan keanggotaan memakan waktu, dan meningkatkan kemungkinan pengguna memiliki akses yang terlalu luas.

Kedaluwarsa keanggotaan otomatis dapat membantu mengurangi biaya administrasi untuk mengelola grup, dan dapat membantu memastikan keanggotaan grup terbatas pada anggota yang membutuhkan akses. Ini dapat membantu:

-Tingkatkan keamanan dengan memastikan pengguna tidak memiliki keanggotaan grup yang berumur panjang, dan keanggotaan grup Anda tidak menjadi terlalu luas.

-Kelola grup keamanan menggunakan keanggotaan grup dengan peluncuran grup keamanan kami baru-baru ini.

-Kurangi waktu admin dan biaya administrasi dengan mengotomatiskan beberapa tugas manajemen grup


Admin: Kedaluwarsa keanggotaan tersedia untuk digunakan untuk grup baru dan yang sudah ada. Admin dengan izin untuk mengubah keanggotaan grup dapat mengatur kadaluarsa

Pengguna akhir: Pemilik dan pengelola grup dapat menyetel kedaluwarsa.


54.Grup dinamis beta memungkinkan pengelolaan keanggotaan grup otomatis


30 September 2020

Grup dinamis memungkinkan Anda membuat grup dengan keanggotaan yang otomatis diperbarui dengan kueri keanggotaan. Grup dinamis dapat didasarkan pada satu atau banyak atribut pengguna, termasuk alamat, lokasi, organisasi, dan relasi. Anda dapat mengelola grup dinamis di Cloud Identity Groups API dan konsol Admin.

Grup dinamis saat ini tersedia sebagai beta terbuka, yang berarti Anda dapat menggunakannya tanpa mendaftar di program beta tertentu.

Siapa yang terkena dampak

Admin dan pengembang dengan hak istimewa membuat grup dan membaca pengguna.

Mengapa Anda menggunakannya

Grup dinamis berfungsi sama seperti Grup Google lainnya dengan manfaat tambahan bahwa keanggotaan mereka secara otomatis selalu diperbarui. Artinya, Anda dapat menggunakannya untuk fungsi yang sama, termasuk untuk daftar distribusi, manajemen daftar kontrol akses (ACL), dan lainnya. Dengan mengotomatiskan manajemen keanggotaan, Anda dapat meningkatkan keamanan, mengurangi kesalahan, dan mengurangi frustrasi pengguna sekaligus meminimalkan beban admin.

Berikut beberapa contoh bagaimana Anda dapat menggunakan grup dinamis. Anda dapat membuat grup dari:

-Semua pengguna yang berbasis di kantor New York Anda, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk komunikasi email terkait dengan lokasi kantor tersebut.

-Semua teknisi, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk memberikan akses ke alat tertentu.

Detil tambahan

Saat peluncuran, Anda tidak akan dapat mengelola kebijakan seperti kebijakan akses peka konteks menggunakan grup dinamis. Setelah tersedia, Anda akan dapat membuat grup dinamis yang kemudian dapat Anda gunakan untuk mengelola kebijakan akses peka konteks tertentu. Kami sedang berupaya menambahkan fungsi ini di masa mendatang, dan akan mengumumkannya di blog Pembaruan G Suite jika sudah tersedia.


Admin: Grup dinamis beta akan tersedia untuk semua pengguna yang memenuhi syarat dengan hak istimewa membuat grup dan membaca pengguna. Untuk memulai, buka Konsol admin> Direktori> Grup atau gunakan Cloud Identity API. Baca dokumentasi kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengelola grup dinamis.

Pengguna akhir: Tidak tersedia untuk pengguna akhir.







Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.


LihatTutupKomentar