-->

Penjelasan Semua Tentang Google Workspace

Penjelasan Semua Tentang Google Workspace


Selama lebih dari satu dekade, G Suite adalah kumpulan alat produktivitas profesional Google. Seiring berkembangnya cara orang bekerja, begitu pula G Suite. Untuk menandai transformasi ini, Google mengganti merek layanan menjadi " Google Workspace ".


Penjelasan Semua Tentang Google Workspace




Apa Itu G Suite?


Sebelum berbicara tentang Google Workspace, mari kita lihat kembali G Suite. Layanan ini dimulai pada tahun lalu sebagai cara bagi organisasi untuk menggunakan layanan Google di domain mereka sendiri untuk langganan bulanan. Daripada mempertahankan penyimpanan jaringan mereka sendiri, server email, dan berbagai alat lainnya, G Suite mengizinkan organisasi untuk menggunakan rangkaian alat produktivitas dan kolaborasi berbasis cloud Google sebagai backend bisnis mereka.


Perangkat asli termasuk Gmail, Google Talk, Google Kalender, dan Google Page Creator. Seiring waktu, ini diperluas untuk menyertakan Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Google Drive, Google Chat, dan Meet. Semua alat ini tersedia secara gratis untuk konsumen, tetapi mereka kekurangan fitur tertentu. Pelanggan G Suite mendapatkan alamat email domain khusus, penyimpanan cloud, alat admin, dukungan pelanggan 24/7, dan banyak lagi.


Apa Itu Google Workspace?


Google Workspace melanjutkan evolusi G Suite. Faktanya, itu bahkan bukan perubahan nama depan. Layanan ini awalnya disebut "Google Apps for Your Domain". Kemudian, namanya diubah menjadi "Google Apps", sebelum akhirnya diubah namanya menjadi "G Suite" pada tahun lalu. Google berbicara tentang bagaimana nama "G Suite" memiliki konotasi lingkungan kerja yang sangat tradisional.


Ketika konsep ruang kerja berubah, rasanya perlu nama untuk memanggil perubahan itu. Google Workspace sebelumnya dikenal sebagai Google Apps for Work adalah produk Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) yang mengelompokkan semua alat produktivitas dan kolaborasi berbasis awan yang dikembangkan oleh Google untuk bisnis, institut, dan nirlaba.


Disertakan dengan setiap langganan Anda mendapatkan akses ke alamat Gmail khusus, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Kalender, Drive, Sites, dan banyak lagi lainnya. Google Workspace adalah kumpulan produk berbasis perusahaan seperti Gmail, Drive, Dokumen, Spreadsheet, dan sebagainya ditawarkan oleh Google melalui platform langganan bulanan untuk membantu merampingkan bisnis Anda.


Pada intinya, Google Workspace adalah layanan yang sama dengan G Suite. Ini adalah puncak dari beberapa perubahan yang dibuat Google sepanjang tahun ini. Alat terpisah memiliki integrasi yang lebih dalam satu sama lain. Daripada beralih di antara Gmail, Dokumen, Meet, dll. Semuanya tersedia di satu tempat terpusat.


Apakah Google Workspace Gratis?


Google Workspace bukanlah layanan gratis, meskipun semua alat yang tersedia di Workspace memiliki versi konsumen gratis. Ada beberapa tingkatan harga yang berbeda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda. Minimal, semua orang di Workspace mendapatkan alamat email bisnis khusus dan aman, rapat video, penyimpanan cloud, dan dukungan.


Dari sana, itu tergantung pada seberapa besar organisasi Anda dan fitur lanjutan apa yang Anda inginkan. Manfaat utama di sini adalah Google Workspace adalah evolusi alami G Suite. Ini menawarkan seperangkat alat dan fitur premium yang sama dengan harga tertentu, dengan beberapa tambahan dilemparkan di atasnya. Jika Anda pernah menggunakan G Suite, Workspace menawarkan pengalaman yang sama.


Bagaimana Penjelasan Semua Tentang Google Workspace?

 


Apa Perbedaan Antara Google Workspace dan Google Apps Gratis?


Sepertinya banyak aplikasi Google yang sama tersedia secara gratis, tetapi ada beberapa fitur utama yang membantu Google Workspace berintegrasi dengan perusahaan Anda dengan sempurna. Meskipun sebagian besar produk ini gratis untuk semua orang, Google Workspace menambahkan fitur tingkat perusahaan untuk pelanggannya.


Beberapa fitur ini mencakup kalender bersama, penyimpanan cloud tak terbatas opsional, kontrol admin lanjutan. Seperti menambah dan menghapus pengguna, verifikasi dua langkah, dan sistem masuk tunggal dan alat migrasi data sederhana untuk mentransfer semua data berharga perusahaan Anda ke Google Workspace.


Selain itu, Google Workspace hadir dengan pengelolaan perangkat seluler, memungkinkan Anda mengaktifkan / menonaktifkan perangkat seluler, mengontrol aplikasi mana yang diaktifkan, dan menghapus dari jarak jauh jika karyawan tersebut nakal dengan perangkat perusahaan. Selain semua fitur hebat tersebut, Google Workspace juga memiliki alamat email khusus untuk domain Anda.


Misalnya, tidak seperti akun Google biasa, yang menggunakan "@ gmail.com", saat Anda mendaftar ke Google Workspace, setiap email pengguna akan berisi domain Anda dan terlihat. Anda harus sudah memiliki dan memverifikasi domain yang Anda gunakan untuk mendaftar untuk menggunakannya dengan Google Workspace.


Dan jangan khawatir jika Anda sudah menggunakan Outlook, Yahoo, atau server pertukaran email lainnya. Dengan Google Workspace, Anda dapat menggunakan alat migrasi data untuk mentransfer semua email, kalender, dan kontak Anda dan langsung mengimpor semuanya dengan mudah.


Berapa Biaya Google Workspace?


Sebelum 6 Desember tahun lalu, Google menawarkan edisi standar Google Workspace gratis dengan fungsi yang lebih rendah, yang telah dicecualikan untuk siapa saja yang mendaftar dan mendaftarkan domain mereka sebelum batas waktu. Sekarang, harga bergantung pada berapa banyak pengguna di perusahaan Anda yang akan menggunakan layanan ini, dengan setiap tingkatan menawarkan lebih banyak fitur dan penyimpanan daripada versi sebelumnya.


Ada tiga versi yang  tersedia untuk bisnis kecil dan besar

 

Dasar, 30 GB penyimpanan bersama di seluruh Drive dan Gmail untuk setiap pengguna. Mencakup semua aplikasi produktivitas Google tetapi tidak memiliki Cloud Search (kemampuan untuk menelusuri seluruh konten perusahaan Anda di Google Workspace), App Maker (membuat aplikasi kustom untuk bisnis Anda), dan Vault (retensi data dan eDiscovery untuk Google Workspace). Biaya dasar 6 juta / pengguna / bulan.


Bisnis, pada dasarnya sama dengan paket Dasar tetapi memiliki penyimpanan tidak terbatas untuk semua pengguna dan termasuk Vault, Cloud Search, dan pengembangan aplikasi. Biaya bisnis 12 juta / pengguna / bulan.


Perusahaan, semua fitur paket Bisnis yang sama tetapi menambahkan kontrol keamanan dan administrasi tingkat lanjut, eDiscovery, dan pencegahan kehilangan data. Biaya perusahaan 25 juta / pengguna / bulan.


Bagaimana Saya Memulai?


Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada berbagai versi Google Workspace yang dapat dipilih, dengan masing-masing versi menyediakan fitur yang sedikit berbeda tergantung versi mana yang Anda pilih. Untuk mulai menggunakan Google Workspace, putuskan untuk apa Anda akan menggunakannya dan pilih salah satu dari banyak opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan / lembaga Anda.


Google memberi siapa pun yang mendaftar untuk pertama kalinya uji coba Google Workspace yang cukup manis selama 14 hari untuk melihat apakah itu sesuai dengan semua kebutuhan Anda dari suite bisnis. Yang harus Anda lakukan adalah melalui proses pendaftaran standar yang mengharuskan Anda memasukkan informasi kartu kredit Anda mengaktifkan akun Anda, lalu memverifikasi domain Anda.Itu saja penjelasan semua tentang Google Workspace.




Baca JugaPerbandingan Antara Google Workspace dengan Gmail


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar