-->

Perbandingan Antara Google Workspace dengan Gmail

Perbandingan Antara Google Workspace dengan Gmail


Google Workspace adalah sebuah layanan yang diciptakan oleh Google yang mengedepankan mobilitas dan kolaborasi untuk penyempurnaan kebutuhan IT di era millenials saat ini. Jadi kalau kalian sangat aktif dalam dunia IT dan hosting domain, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan yang satu ini.


Perbandingan Antara Google Workspace dengan Gmail



Google Workspace merupakan layanan berbasis cloud yang membuat siapa saja bisa melakukan kolaborasi dokumen, chat, konferensi video dengan mudah dan real time. Semua bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Layanan ini juga memungkinkan Anda untuk tetap produktif dalam segala jenis pekerjaan tanpa perlu khawatir lagi dengan kapasitas ruang yang ada di perangkat anda.


Revolusi digital pada zaman millenial ini turut mempengaruhi dunia bisnis. Teknologi informasi semakin hari sudah semakin modern sehingga semua perusahaan mudah untuk berkomunikasi satu sama lain. Hal ini dibuktikan bahwa di internet, banyak sekali penyedia jasa layanan email hosting untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas perusahaan.


Google sendiri juga menciptakan layanan email hosting yaitu Google Workspace. Namun, apa yang membedakan Google Workspace dengan email hosting lainnya? Google Workspace yang dulu dikenal sebagai Google Apps for Work adalah produk terbaru dari Google yang digunakan untuk membantu mengelola sebuah usaha dan bisnis.


Layanan yang terdapat di dalam Google Apps for Work sangatlah komplit. Secara garis besar, beberapa fungsi atau manfaat yang bisa didapatkan dari Google Apps For Work diantaranya mengelola dan berbagi dokumen secara online, kalender, penyimpanan data secara online, video conference, dll.


Google Workspace menambahkan fitur-fitur tambahan canggih yang membuatnya dapat mengungguli email hosting lainnya. Seperti Anda dapat menyimpan data-data perusahaan yang besar mengingat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga data lebih banyak berupa video atau foto sebesar 30GB, bebas spam production yang membantu Anda untuk menfilter/menyaring email spam.


Sehingga Anda tidak akan terganggu, dukungan selama 24 jam dalam 7 hari, Anda dapat membaca dan membuat draf pesan saat tidak tersambung ke internet melalui handphone dalam IOS atau Android Anda dan pesan akan terkirim saat Anda online. Dengan menggunakan Google Workspace, Anda dapat melakukan migrasi dari email pada hosting lama dengan menggunakan alat khusus yang membantu melindungi pesan penting Anda.


Service Level Agreement (SLA) akan selalu uptime dengan jaminan waktu operasional 99,9%.  Dengan itu Anda akan tetap aktif sepanjang hari. Anda dapat memiliki beberapa domain baru untuk karyawan Anda hingga 30 domain untuk setiap pengguna. Google Workspace tentunya akan memberikan Anda akses andal dan nyaman dimana dan kapan pun.


Untuk mengembangkan perusahaan Anda, sangatlah penting untuk memiliki Google Workspace ini karena Anda akan menikmati banyak keuntungan selain mendapatkan email perusahaan Anda. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan Google Workspace. Beberapa orang kebanyakan tidak masalah dengan akun Gmail gratis.


Tidak ada yang peduli jika Anda masih tetap menggunakan domain bawaan @gmail.com selama itu masih merupakan akun pribadi. Selama email tersebut sudah mencakup nama lengkap Anda, hal itu sudah dinilai cukup professional di mata teman ataupun para pencari kerja.


Nyatanya, banyak orang yang tetap mempertahankan penggunaan akun gratis karena Anda tetap bisa menggunakan banyak fitur Google secara gratis, mulai dari Google Drive, Docs, Sheets, Slides, Google Calendar dan aplikasi Gmail lainnya yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma. Namun hal ini tidak cukup jika Anda menjalankan bisnis.


Bagaimana Perbandingan Antara Google Workspace dengan Gmail?

 


Sebuah bisnis memerlukan profesionalisme lebih dan tentunya keamanan tingkat tinggi yang hanya bisa didapatkan di akun Gmail berbayar. Harga yang dibayarpun relatif murah. Mulai dari $5/bulan, Google menyediakan tambahan keamanan dan keuntungan  lebih dari akun Gmail gratis yang biasa Anda gunakan.


Profesionalisme


Seperti telah disebutkan diatas, penting untuk menjaga citra perusahaan dan Google membantu Anda untuk membangun citra baik bagi khalayak. Percaya atau tidak, sebuah perusahaan lebih memiliki validasi di mata pencari kerja jika perusahaan tersebut telah menggunakan email perusahaan alih-alih menggunakan domain asli @gmail.com.


Dengan menggunakan Google Workspace sebagai naungan dari Gmail, masing-masing perusahaan dapat memilih nama domain unik mereka sendiri sehingga memudahkan mereka untuk dikenal masyarakat dan menambah nilai profesional.


Administrasi


Selain mempertimbangkan profesionalisme dari alamat email, perusahaan yang menggunakan Google Workspace akan mendapatkan kontrol penuh semua akun Gmail di perusahaan Anda. Jika karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan, mereka tidak lagi dapat menggunakan dan mengakses email tersebut.


Admin Anda memiliki kuasa penuh untuk mengubah sandi karyawan dan mengontrol akses semua email dengan mudah. Google Workspace juga dengan mudah mengatur alias yang beragam di akun Gmail. Hal ini berarti dalam 1 akun Gmail, Anda bisa memiliki beberapa akun.


Membuat grup email juga tidak kalah mudah. Anda bisa membuat satu email yang terdiri dari beberapa individual email. Hal ini sangat berguna khususnya email untuk masing-masing divisi sehingga bisa mempermudah tim untuk terhubung antar satu orang ke orang lainnya.


Sekali lagi perlu ditekankan jika perusahaan memiliki akses penuh atas data yang Anda simpan di akun Google Workspace Anda, baik itu file yang bisa diakses secara bersamaan atau data yang dimiliki pribadi oleh Anda. Semua file ini sepenuhnya dapat dikontrol oleh admin, dan berlaku bagi semua file baik Google Docs, Sheets atau Slides.


Penyimpanan


Tidak banyak penyimpanan yang Anda terima di akun Gmail gratis. 15GB untuk semua file yang Anda miliki, termasuk email dan file yang disimpan di Google Drive. Berbeda dengan Google Workspace yang menyediakan penyimpanan hingga 30GB untuk pengguna Google Workspace Basic dan penyimpanan tanpa batas untuk Google Workspace Business dan Google Workspace Enterprise.


Support


Tidak mungkin masalah tidak datang, dan seringnya masalah tersebut datang di waktu yang tidak terduga. Hal yang Anda butuhkan adalah tim support yang siap membantu Anda kapanpun dan dimanapun. Inilah sebabnya Google Workspace menyediakan tim support yang siap 24 jam.


Setiap hari, via email, telepon, atau fitur live chat, dan, ftur ini tidak bisa Anda dapatkan di Gmail gratis. Dengan segudang keuntungan yang ditawarkan dan dengan investasi minim, tak heran banyak perusahaan yang menggunakan Google Workspace untuk menjalankan bisnis mereka.


Lagipula, operasional yang lancar, dan ketenangan dalam mengatur data perusahaan adalah hal penting untuk menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang ini. Itu saja yang dapat kami jelaskan dan kami tulis dalam artikel ini mengenai tentang perbandingan antara Google Workspace dengan Gmail. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.




Baca JugaSemua Orang Mengacaukan Nama Google Workspace


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar