-->

Google Workspace Kemampuan Menggantikan G Suite Sepenuhnya

Google Workspace Kemampuan Menggantikan G Suite Sepenuhnya


Selama lebih dari satu dekade, G Suite adalah kumpulan alat produktivitas profesional Google yang mengalami transformasi menjadi Google Workspace.


Google Workspace Kemampuan Menggantikan G Suite Sepenuhnya


Beberapa bulan terakhir telah membawa banyak perubahan pada aplikasi produktivitas Google. Beberapa perbaikan disebabkan oleh pandemi COVID-19, sementara yang lain telah lama dikerjakan. Puncak dari perubahan tersebut adalah "Google Workspace". Ini adalah nama baru G Suite dan modernisasi lengkap dari penawaran produktivitas perusahaan yang mencerminkan bagaimana pekerjaan semakin diselesaikan.


  • Jalan menuju Google Workspace


COVID-19 terus menjadi katalisator di balik beberapa dari banyak perubahan pada tahun 2020. Di tempat kerja, komunikasi terutama, jika tidak sepenuhnya, virtual karena perpindahan dari kantor dan maraknya bekerja dari rumah. Google sudah memiliki Hangouts Meet, tetapi baru menjadi Google Meet di bulan April . 


Google mulai dengan menyediakan fitur premium untuk semua pelanggan G Suite, tetapi kemudian memperkenalkan versi gratis untuk publik untuk memanfaatkan Zoom memasuki leksikon budaya. Selain membuat layanan terbuka untuk siapa saja yang memiliki akun Gmail, layanan ini secara agresif menambahkan fungsionalitas dari keburaman latar belakang dan peredam bising hingga papan tulis virtual .


Itu juga menambahkan integrasi Nest Hub Max dan Smart Display yang sangat ramah konsumen . Google secara khusus menambahkan banyak fitur baru yang dibutuhkan pelanggan sekolah dan pendidikan untuk pembelajaran jarak jauh .


Sementara itu, aksi besar kedua Google di tahun 2020 adalah menjadikan Gmail sebagai ruang kerja terintegrasi. Ini dimulai dengan Google Meet diintegrasikan ke dalam web Gmail, lalu Android dan iOS . Sekarang ada tab khusus untuk melihat panggilan Anda yang akan datang dan segera memulai panggilan baru.


Pada bulan Juli , Google mengambil langkah lebih jauh dengan mengumumkan bahwa Chat dan pesaing Slack yang dirubah bernama Rooms juga akan hadir di Gmail. Melanjutkan toko serba ada untuk pekerjaan adalah kemampuan untuk mengedit Dokumen langsung di Gmail sehingga Anda dapat berkolaborasi dan berbicara pada waktu yang sama.


Itu membawa kita ke pengumuman hari ini. Nama kolektif dari penawaran produktivitas perusahaan sekarang menjadi "Google Workspace". Ini mungkin tampak seperti perubahan merek aplikasi dan fitur yang telah diumumkan, tetapi ini adalah langkah serius menuju Google memodernisasi platform kerjanya. Tidak mengherankan, ada banyak nama baru.


G Suite dan Microsoft Office dibuat untuk era yang berbeda dan itu sangat tercermin dari merek-merek tersebut. Kepala Google Workspace Javier Soltero menunjukkan bagaimana keduanya berkonotasi berada di kotak yang sangat tradisional tempat pekerjaan dilakukan di gedung kantor.


Ini jelas tidak lagi terjadi di tahun 2020 dengan begitu banyak orang yang bekerja dari rumah, dan mengandalkan web untuk berkomunikasi dan menjadi produktif.  Semua alat ini tersedia secara gratis untuk konsumen, tetapi mereka kekurangan fitur tertentu. Google Workspace melanjutkan evolusi G Suite. 


Apakah Google Workspace Gratis atau berbayar?


Google Workspace: Tingkat harga hitungan dollar


Terakhir, dengan perubahan merek, Workspace kini memiliki empat tingkatan harga ditujukan untuk bisnis yang lebih kecil, lebih besar, dan tingkat perusahaan.


·         Tingkat Pemula Bisnis 600.000 / bulan memungkinkan hingga 100 orang untuk bergabung dalam rapat dengan penyimpanan 30GB per pengguna. Sekarang mendukung tingkat Standar Bisnis 1.700.000/ bulan, yang meningkatkan maksimum peserta rapat menjadi 150 peserta. Ini juga termasuk rekaman rapat, dan penyimpanan 2TB per pengguna juga.


·         Terakhir, Business Plus menambahkan pelacakan kehadiran ke batas pertemuan 250 pengguna dengan penyimpanan 5 TB per pengguna dan lebih banyak opsi keamanan juga. Biayanya 340.000 / bulan untuk bisnis. Perhatikan, ini tampaknya merupakan penawaran perkenalan sehingga kemungkinan tingkatan harga akan naik setara dengan harga G Suite setelah pernis layanan Google baru habis.


Untuk yang saat ini menjadi bagian dari tingkatan Google G Suite Basic, Business, atau Enterprise, Google akan "memberi Anda waktu dan dukungan yang diperlukan untuk bertransisi ke salah satu penawaran terbaru.


Sudah empat tahun sejak Google mengganti nama Apps for Work menjadi G Suite. Saat ini, perusahaan mengubah merek G Suite menjadi Google Workspace dalam sebuah langkah yang sebagian besar sejalan dengan perkembangan tersebut pekerjaan yang dari mana saja budaya yang melonjak dalam popularitas (atau karena kebutuhan) pada tahun 2020.


Akhir-akhir ini Google sedang dalam upaya pencitraan merek, menghidupkan kembali Google TV untuk digunakan pada Chromecast barunya dan menghentikan layanan lagu lawasnya, Play Musik, dan mendukung YouTube Music.


Meskipun tidak ada aplikasi dan alat populer Google yang berorientasi kerja yang bergabung dengan kuburan hari ini, Google tampaknya berharap untuk mengaburkan batasan di antara mereka dengan memperkenalkan fitur kolaborasi yang lebih mulus dan penyebaran penawaran yang lebih baik untuk individu dan bisnis.


Perusahaan percaya bahwa Workspace lebih dari sekadar penggantian nama G Suite, tetapi merupakan basis terpadu baru untuk alat produktivitas online-nya. Sebagian besar, Google Workspace hanyalah rebranding dari G Suite, lengkap dengan sekumpulan logo baru ( kurang khas ) untuk Gmail, Calendar, Drive, Docs dan Meet. Tetapi perusahaan juga meluncurkan sejumlah fitur baru. 


Untuk satu hal, Google (seperti yang diumumkan sebelumnya) mengintegrasikan Meet, Chat, dan Ruang di seluruh aplikasi, dengan Gmail sebagai layanan tempat mereka benar-benar bersatu. Fitur lain yang segera hadir adalah kemampuan untuk berkolaborasi pada dokumen dalam Obrolan dan "chip pintar" dengan detail kontak dan tindakan yang disarankan yang muncul saat Anda @menyebut seseorang di dokumen.


Kunci dari strategi baru Google adalah membangun fitur obrolan, panggilan suara dan video, dan manajemen konten baru dari Gmail. Ini menyebut ini rumah yang lebih baik untuk bekerja , dan sekarang umumnya tersedia untuk semua pelanggan Workspace berbayar.


Juga masuk adalah kolaborasi ruang obrolan yang lebih baik. Google mengatakan pengguna dan tamu akan dapat membuat dokumen dalam ruang Obrolan dalam beberapa minggu mendatang. Fitur ini harus mengembangkan kolaborasi yang lebih baik antara mereka yang ada di dalam organisasi dan pihak luar tanpa mengorbankan keamanan atau kerumitan pengaturan pertemuan.


Perubahan lain dimaksudkan untuk membantu pengguna menghabiskan waktu sesedikit mungkin untuk bekerja. File yang ditautkan di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide sekarang dapat dipratinjau dalam pop-up sementara chip @mention pengguna yang lebih verbose dalam teks akan merinci detail kontak dan tindakan khusus konteks. Google menjanjikan lebih banyak perubahan akan dilakukan pada perkumpulan aplikasi Workspace dalam beberapa bulan mendatang.


Selain manfaat nyata bagi konsumen, Google juga mengakui peluncuran Workspace sebagai kesempatan untuk menyatukan ikon propertinya. Orang-orang seperti Gmail, Drive, Kalender, Meet akan menerima ikon baru menggunakan skema empat warna perusahaan. Aplikasi lain, seperti Dokumen dan Spreadsheet, juga akan menerima perlakuan serupa.




Demikian artikel tentang Google Workspace, semoga bermanfaat.


Baca JugaGoogle Workspace Dari Aplikasi Cloud ke Ruang Kerja Terintegrasi


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar