-->

Menggunakan Google Workspace untuk Pendidikan Anda

Menggunakan Google Workspace untuk Pendidikan Anda


Google Workspace untuk pendidikan memberikan serangkaian alat berbasis cloud bagi lembaga pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan tinggi nonprofit, dan homeschool. Alat dan layanan tersebut meliputi aplikasi pesan dan kolaborasi, seperti Gmail, Google Drive, Kalender, Classroom, dan sebagainya.


Menggunakan Google Workspace untuk Pendidikan Anda



Jika sekolah Anda membutuhkan layanan IT yang canggih, pertimbangkan untuk menggunakan Google Workspace Enterprise untuk pendidikan. Layanan tersebut memiliki kemampuan tambahan tingkat perusahaan, seperti kontrol lanjutan untuk administrator dan analisis yang disempurnakan.


Apa itu Google Workspace untuk pendidikan?


Pengertian Google Workspace untuk pendidikan adalah sebuah produk dari Google berupa seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan sistem google cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan termasuk staff, guru dan juga siswa untuk memudahkan sistem belajar mengajar yang lebih baik.


Layanan Google Workspace untuk Pendidikan:


Google Kelas (Classroom)


Google kelas merupakan perangkat utama dari Google Workspace untuk pendidikan dimana perangkat ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan oleh guru dan murid untuk mengatur kegiatan kelas seperti membuat kelas, mengirim tugas ke seluruh siswa, mengirim saran dan yang paling penting semuanya dilakukan dalam satu tempat , instant dan tanpa kertas.


Gmail


Dengan Google Workspace untuk pendidikan anda akan mendapat fasilitas email dari Google termasuk 30 GB storage lalu perlindungan data yang sangat aman dari google dan yang paling menarik adalah nama email anda akan sesuai dengan nama lembaga pendidikan anda. Jika biasanya menggunakan akun gmail yang gratis maka formatnya nama@gmail.com dengan menggunakan Google Workspace untuk pendidikan maka formatnya menjadi nama@sekolahanda.com.


Dengan Gmail, email Anda disimpan dengan aman di cloud. Anda bisa mendapatkan pesan dari komputer atau perangkat apa pun dengan browser web. Jika administrator mengizinkan, Anda dapat bergabung atau memulai video meeting di Google Meet langsung dari Gmail. Tambahkan Google Chat ke kotak masuk Gmail Anda dan dapatkan semua fitur Chat langsung di Gmail. Anda juga dapat dengan cepat mengatur dan menemukan email penting.


Google Drive


Google juga menyediakan tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan anda. laptop/ komputer anda tidak akan kehabisan memori karena terlalu banyaknya data yang anda simpan karena dengan google drive semua data anda akan disimpan di penyimpanan milik google yang keamanannya pun sangat terjaga dan terjamin.


Kalender


Di Google Workspace untuk Pendidikan, kalender disediakan tidak hanya untuk menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun. Ada banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang pendidikan Anda. Yaitu, susun jadwal rapat Anda kemudian dengan mengundang peserta rapat maka semua guru yang diundang akan mendapat email undangan sehingga Anda tidak perlu lagi menghubungi satu per satu.


Hangout


Google hangout adalah fasilitas dari Google untuk pendidikan untuk melakukan chat, video call atau video call secara group. Sehingga ketika anda sebagai kepala sekola sedang berada diluar kota dan perlu mengadakan meeting cukup menggunakan Hangout maka meeting sudah bisa dilakukan.


Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide)


Yang membedakan google office dengan produk yang selama ini kita gunakan adalah google office dapat dilakukan dengan berkolaborasi. Maksutnya misal ada tugas sekolah yang dilakukan secara berkelompok maka cukup buat satu file baru lalu undang semua anggota kelompok maka secara bersamaan mereka semua dapat langsung mengerjakan tugas tersebut.


Bagaimana Menggunakan Google Workspace untuk Pendidikan Anda?

 


Google Vault


Google vault berfungsi untuk mengarsipkan semua data anda seperti email, g drive , chat dan lainnya sehingga anda tidak perlu merasa khawatir jika ada kehilangan data dan sebagainya karena google vault dapat menyimpan data anda.


Hangouts Meet


Layanan ini adalah alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Saat ini, Google menggratiskan program ini secara gratis hingga 1 Juli tahun ini.


Dengan Hangouts Meet, sekolah bisa live streaming hingga 100.000 penonton. Hangouts Meet bisa digunakan untuk menggelar pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas yang bisa direkam dan disimpan di layanan penyimpanan cloud Google Drive.


Google Form


Aplikasi Google Form digunakan para guru untuk menyiapkan materi pembelajaran yang nantinya akan dibagikan kepada siswa untuk beberapa kelas. Tak hanya memasukkan materi pembelajaran, melalui Google Form para guru juga bisa membagikan video untuk memvisualkan materi pembelajaran, serta lembar kerja yang membuat siswa dapat melakukan pembelajaran aktif.


Dalam Google Form tersebut, para guru juga dapat memberikan tugas berisi soal-soal yang harus dikerjakan. Ketika soal-soal tersebut selesai dikerjakan, para siswa dapat langsung mengunggah tugas mereka dalam Google Classroom yang nantinya akan mendapat tanggapan dari guru.


Selain Classroom, Hangouts Meet, dan Form, Google Workspace untuk pendidikan masih memiliki berbagai layanan lain yang bisa saling dikombinasikan. Untuk informasi seputar Google untuk pendidikan bisa diakses melalui G Suite untuk pendidikan.


Kelebihan Google Workspace untuk pendidikan


Kolaborasi Data


Kelebihan Google Workspace untuk pendidikan yang pertama adalah kemudahan dalam berkolaborasi dalam hal membuat, mengubah, berbagi data secara real time. Semua orang dapat membuka satu laman yang sama dan jika ada perubahan maka file tersimpan secara otomatis di cloud.


Ramah Seluler


Dapat digunakan diperangkat apa saja. Ya, dalam layanan Google Workspace untuk pendidikan anda dapat membukanya dari laptop, tablet, maupun handphone dengan tetap mudah karena layanan ini telah di atur cocok dengan semua perangkat sehingga tidak mengalami kesulitan apapun dan pastinya dapat dibuka kapan saja dan dimana saja.


Bagaimana cara saya mendaftar ke Google Workspace untuk Pendidikan?


PointStar technology sebagai Premier Google Partner di Indonesia dapat membantu lembaga pendidikan anda untuk memiliki Google Workspace untuk pendidikan. Anda cukup menekan tombol dibawah ini dan mengisi data diri anda maka kami yang akan menghubungi anda untuk menindak lanjuti layanan ini.


Cara baru untuk memulai


Kesederhanaan, kegunaan, fleksibilitas  prinsip-prinsip panduan ini berlaku baik untuk cara orang merasakan produk kita maupun cara kita berbisnis. Semua pelanggan kami memiliki kebutuhan yang sama akan solusi transformatif baik untuk memberdayakan pekerjaan jarak jauh, mendukung pekerja garis depan, menciptakan pengalaman digital yang imersif untuk pelanggan mereka sendiri, atau semua hal di atas.


Tetapi kebutuhan penyimpanan, manajemen, serta keamanan dan kepatuhan mereka seringkali sangat bervariasi. Untuk memberikan lebih banyak pilihan dan membantu pelanggan mendapatkan hasil maksimal dari Google Workspace, kami mengembangkan edisi kami untuk memberikan penawaran yang lebih disesuaikan. Itu saja yang dapat kami tulis dalam artikel ini tentang menggunakan Google Workspace untuk pendidikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat Anda.




Baca JugaPanduan Menggunakan Google Workspace untuk Bisnis Online


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar