-->

Mengenal Layanan Google Workspace dan Kelebihannya

Mengenal Layanan Google Workspace dan Kelebihannya


Bagi para penggiat dunia IT, mengenal layanan Google Workspace tentu sudah tidak asing untuk mendengar salah satu layanan yang diciptakan oleh Google yaitu Google Workspace. Fitur yang mengedepankan kemampuan kolaborasi dan mobilitas ini seolah menjadi penyempurna kebutuhan IT pada bisnis di era modern dewasa ini.


Mengenal Layanan Google Workspace dan Kelebihannya




Apa itu Google Workspace?


Google Workspace adalah paket layanan berbasis komputasi awan (cloud) yang dapat memungkinkan Anda untuk mengerjakan apapun dan dimanapun. Google Workspace juga memberikan solusi bagi perusahaan untuk melakukan pekerjaan bersama-sama secara online menggunakan e-mail dengan domain sendiri, chatting dan melakukan konferensi video melalui aplikasi Hangouts.


Kolaborasi dokumen dalam waktu bersamaan menggunakan Google Docs untuk membuat dokumen; Google Slide untuk presentasi; Google Sheet untuk data tabel, akuntansi, maupun rekapitulasi dan masih banyak lagi. Layanan ini sepenuhnya berbasis online sehingga Anda tidak perlu memikirkan kapasitas ruang penyimpanan pada perangkat Anda.


Walaupun sebagian besar produk Google adalah platform gratis untuk semua orang, Google Workspace menambahkan fitur tingkat perusahaan untuk pelanggannya. Beberapa fitur ini termasuk kalender bersama, penyimpanan cloud opsional tak terbatas, kontrol admin, dan alat migrasi data sederhana untuk mentransfer semua data berharga perusahaan ke Google Workspace.


Selain itu, Google Workspace dilengkapi dengan manajemen perangkat seluler. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengaktifkan/menonaktifkan ponsel, mengontrol aplikasi mana yang diaktifkan, dan menghapus dari jarak jauh jika ada karyawan yang menyalahgunakan perangkat perusahaan.


Selain itu, Google Workspace juga memiliki alamat email khusus untuk domain tertentu. Jika akun Google biasa, yang menggunakan “@ gmail.com,” setiap email pengguna Google Workspace akan berisi domain perusahaan dan terlihat. Namun, pastikan terlebih dahulu domain yang digunakan telah dimiliki dan dapat diverifikasi.


Google Workspace Basic


Bagi para pemula didunia bisnis, Anda bisa coba memulai pengenalan penerapan layanan tersebut dengan memilih Google Workspace Basic. Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan maksimal 30 GB per user. Kapasitas tersebut meliputi seluruh penyimpanan semua fitur pada setiap akun.


Google Workspace Bisnis


Jika anda ingin meng-upgrade kebutuhan teknologi, Anda dapat menggunakan layanan Google Workspace Business. Layanan ini memberikan fitur tambahan Admin Konsol sebagai fitur kontrol segala data yang ada di domain perusahaan Anda dan Google Vault sebagai eDiscovery yang membuat data-data menjadi lebih mudah ditemukan.


Google Workspace Enterprise


Google Workspace Enterprise yang merupakan pengembangan lebih sempurna dari Google Workspace Business dengan menambahkan beberapa fitur tambahan seperti DLP (Data Loss Prevention) dan pengarsipan yang lebih terintegrasi.


Apa saja kelebihan Google Workspace?


Dimanapun dan Kapanpun


Google Workspace menawarkan konsep cloud computing, dimana semua file berada dalam server google. Sehingga pengguna tidak terbatasi oleh waktu dan tempat, file yang dikerjakan pada jam kerja bisa segera di edit di luar kantor melalui laptop yang terkoneksi internet atau menggunakan smartphone maupun tablet.


Hemat Kertas dan Simple


Dengan Google Workspace, setiap orang yang memiliki wewenang dapat langsung mengedit pada file yang bersangkutan dan melakukan chatting melalui google talk atau chat dan memberikan komentar untuk berdiskusi mengenai pekerjaan pada file tersebut, setelah semua pihak sudah setuju barulah melakukan print. Cara tersebut terbilang lebih praktis dan simple daripada harus terus melakukan revisi dalam bentuk hardcopy berkali-kali yang membuat boros kertas dan waktu.


Bagaimana Mengenal Layanan Google Workspace dan Kelebihannya?

 


Email dengan nama domain perusahaan sendiri


memiliki email dengan domain perusahaan merupakan salah satu hal yang sangat penting, karena berhubungan dengan image profesionalitas dan identitas perusahaan yang bersangkutan. Dengan Google Workspace, membuat alamat email dengan domain perusahaan menjadi sangat mudah, dan selain itu mendapatkan berbagai fitur gmail yang keren dan juga dengan tampilan yang sudah tidak asing.


Full Kolaborasi


Google Workspace sengaja di desain untuk mempermudah koordinasi antar bagian/divisi dan antar personal. Semua aplikasi dalam Google Workspace dapat ber-kolaborasi antar akun yang satu dengan yang lain, mulai dari kolaborasi olah data dengan google docs, sharing jadwal dengan calender, chatting dengan Gtalk, shaing file dan perkembangan project dengan google site dan lainnya.


Google Workspace dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan kamu dan timmu untuk mengerjakan dokumen yang sama secara bersamaan. Semua pengeditan dokumen ditampilkan secara real time dan disimpan di cloud.


Dengan pengaturan akses, kamu dapat memberikan kemampuan pengeditan pengguna dan peran lain untuk meningkatkan kolaborasi pada proyek, seperti perawatan situs web dan SEO. Ada juga sistem obrolan bawaan yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi ide dengan sesama anggota tim.


Keamanan data yang tinggi


Kamu dapat menyimpan semua data dengan aman di Google Drive. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data. Selain itu, kamu juga dapat mengaksesnya kapan saja. Jika kamu memiliki tim jarak jauh, semua anggota dapat mengakses dokumen bahkan pada saat bepergian. Kamu hanya perlu menjelaskan tentang dasar-dasar keamanan siber ketika menggunakan akun kepada mereka.


Hemat biaya


Untuk manajemen di tempat kerja, Google Suite adalah salah satu platform yang sulit dikalahkan. Dengan biaya bulanan yang terjangkau, kamu dapat menikmati kemampuan eDiscovery, penyimpanan cloud tanpa batas, Open API, pengarsipan, dan kontrol audit.


Selain itu, kamu hanya membayar untuk apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Itu dia, sekilas tentang apa itu Google Suite atau dikenal dengan Google Workspace. Nah, aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan rintisan atau startup.


Apa yang Bisa Kamu Lakukan dengan Google Workspace?


Pengelolaan pengguna


Kamu bisa menambahkan pengguna baru ke akun Google. Kamu juga dapat mengelola pengguna dan mengelompokkan mereka sesuai dengan jabatan dan departemen. Selain itu, kamu juga bisa melacak login terakhir mereka dan batas penggunaan email mereka.


Profil perusahaan


Yang berikutnya bisa kamu lakukan adalah memperbarui informasi tentang perusahaan dan mempersonalisasi akun Google Suite dengan logo perusahaan. Kamu juga dapat membuat URL khusus untuk berbagai layanan Google Apps untuk pengguna.


Pengelolaan perangkat


Dengan pengelolaan perangkat, kamu mengamankan data perusahaan di semua perangkat yang terhubung ke akun Google Workspace. Kamu juga bisa melihat berapa banyak perangkat seluler dan Chrome yang terhubung serta berapa banyak perangkat Google (seperti Jamboard) yang ditautkan ke akun kamu. Ada juga layar praktis di mana kamu dapat mengelola semua perangkat milik perusahaan.


Fitur keamanan


Kamu bisa mengelola semua fitur keamanan untuk akun Google. Mulai dari manajemen dan pemantauan kata sandi hingga pengaturan sistem masuk tunggal (single sign-on/SSO). Fitur keamanan ini memastikan agar akun dan data perusahaan yang berada dalam cloud tetap aman. Itu saja mengenal layanan Google Workspace dan kelebihannya. Semoga artikel ini bermanfaat.




Baca JugaPanduan Menggunakan Google Workspace untuk Bisnis Online


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar