-->

Kenali Fitur-fitur dari Google Workspace

Kenali Fitur-fitur dari Google Workspace


Google Workspace memungkinkan pekerja mengakses semua yang mereka butuhkan untuk bekerja di tempat yang sama. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk adaptasi terhadap lingkungan kerja baru yang serba digital.


Kenali Fitur-fitur dari Google Workspace



Perusahaan Google telah mengumumkan perubahan produk G Suite ke Google Workspace. Pengguna lama yang terbiasa dengan berbagai fitur yang tersedia di G Suite pasti sudah mengetahui beberapa di antaranya. Namun, perubahan nama produk akan dibarengi dengan pembaruan berbagai fitur dari Google Workspace.


Jika Anda termasuk dalam kategori admin atau pelanggan G Suite, maka Anda harus memahami fitur apa saja yang ada di Google Workplace. Mengetahui berbagai macam fitur yang ada di dalamnya dapat membantu penggunaannya menjadi lebih efisien dan menghemat waktu. Semua detail fitur tersebut akan dijelaskan secara singkat dalam pembahasan ini.


Google Workspace mencakup semua aplikasi produktivitas yang Anda kenal dan sukai yaitu Gmail, Kalender, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Meet, dan lainnya. Baik Anda bekerja ke kantor, bekerja dari rumah atau terhubung dengan pelanggan, Google Workspace adalah cara yang bagus untuk membuat, berkomunikasi, dan berkolaborasi.


Terlepas dari perubahan nama yang signifikan, fungsi semua aplikasi default di Google Workspace semakin terintegrasi dengan lebih baik. Anda dapat mengakses semua fitur penting dalam komunikasi dari Chat, Gmail, Docs, Sheets dan Slides dalam satu tab.


Pada dasarnya, Google Workspace merupakan pengembangan dari G Suite yang mengubahnya menjadi integrasi yang lebih dalam dan diimplementasikan secara realtime untuk semua tim yang tergabung dalam sebuah proyek atau rapat. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail dari fitur-fitur, berikut akan kami jelaskan beberapa fitur pada Google Workspace:


Apa saja fitur-fitur yang ada di Google Workspace?


1. Gmail


Gmail adalah produk Google yang sudah lama dikenal dan menangani pengiriman email. Penggunaannya tidak terbatas pada pengiriman e-mail saja, karena dilengkapi dengan berbagai fitur. Misalnya mengobrol, memberi pesan suara, atau video call.


Proses pengerjaan proyek dan berbagi file juga bisa dilakukan dengan menggunakan Gmail. Bahkan, admin juga bisa membuat email berdasarkan nama perusahaan. Anda juga dapat membuat grup khusus berdasarkan divisi, seperti penjualan.


2. Google Meet


Aplikasi lain di Google Workspace adalah Google Meet. Semua anggota yang menjadi anggota bisnis atau anggota perusahaan tersebut dapat melakukan video meeting. Hal ini benar-benar dapat membantu tim Anda untuk tetap terhubung dalam konferensi video yang aman.


Fitur yang satu ini ada di paket Google Workspace, Google Workspace Essentials, dan G Suite untuk pendidikan. Setiap video akan dienkripsi selama transit, sehingga menjaga privasi tetap aman dari berbagai penyalahgunaan video.


3. Google Chat


Jika pekerjaan atau project yang akan dibahas tidak perlu melalui virtual meeting, dapat dilakukan dengan membuat grup chat. Salah satu aplikasi yang terdapat di Google Workspace yang terkait dengan obrolan berkelompok adalah Google Chat. Ini juga dapat digunakan untuk menjalin komunikasi antara masing-masing karyawan.


Setiap percakapan yang ada di dalamnya akan diamankan. Google Chat juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file dan tugas. Fitur ini dijamin akan membantu proses kolaborasi antara individu dan tim berjalan lebih baik.


4. Kalender


Setiap orang yang bekerja pasti memiliki jadwal padat yang berbeda-beda. Penting sekali untuk mencatat semua aktivitas Anda di platform yang tidak mudah dihapus, seperti kalender di Google Workspace. Kegiatanini  akan memudahkan Anda untuk berintegrasi secara online dengan karyawan dan tim lain.


Anda tidak perlu repot mengingat kapan harus melakukan suatu aktivitas. Fitur penjadwalan ini juga dapat dibagikan dengan karyawan lain sesuai keinginan. Kalender ini terintegrasi dengan fitur lain, seperti Gmail, Drive, Kontak, Pencarian situs, dan juga Google Meet.


Bagaimana dengan fitur yang lain?


5. Drive


Kolaborasi online hanya dapat terwujud secara efisien bila ada platform yang mendukung proses kolaborasi tersebut. Setiap karyawan yang berkolaborasi harus dapat mengakses data secara real time, tanpa perlu meminta izin terlebih dahulu yang dapat memperpanjang proses.


Meningkatkan kreasi di Google Workspace memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi file dalam satu sumber. Hal ini akan memudahkan anggota yang bergabung pada saat mereka perlu mengakses file atau informasi kapan pun dan dari mana pun. Padahal, seluruh prosesnya bisa melalui smartphone.


6. Currents


Aplikasi lain yang juga termasuk dalam produk Google ini antara lain melibatkan karyawan, berdiskusi bersama, dan tetap membahas topik yang sama. Terkadang pertemuan yang diadakan secara konvensional di dalam ruangan cenderung memakan banyak waktu.


Terkadang diskusi tidak fokus pada suatu topik. Namun Anda juga menyadari bahwa waktu adalah uang yang tidak dapat dikembalikan. Untuk meningkatkan produktivitas dalam komunitas, sering kali perlu untuk mendiskusikan topik-topik yang terfokus. Membuat semua anggota rapat berpikir tentang suatu topik pasti akan mempercepat pemecahan masalah.


7. Docs


Hampir lebih dari 50% orang di seluruh dunia menggunakan Ms. Word. Sehingga untuk memfasilitasi proses integrasi sebagai sebuah tim, Google juga memiliki produk bernama Docs. Siapa pun dapat menggunakan Dokumen untuk membuat dan mengedit dokumen teks melalui browser. Anda tidak lagi memerlukan software tambahan untuk melakukannya. Bahkan Docs memungkinkan banyak orang untuk mengubah informasi di dalamnya.


8. Picture in Picture


Sebelumnya Anda tidak dapat melihat tampilan Meet jika Anda berbagi layar laptop, tapi sekarang bisa. Fitur ini berguna untuk Anda yang melakukan presentasi atau ingin melihat peserta yang terlibat dalam presentasi dan membuat pengalaman online meeting terasa seperti pertemuan tatap muka.

 

Terakhir, Google mengubah ikon untuk aplikasi Google Workspacenya. Jika sebelumnya Google hanya secara khusus menampilkan 1-2 warna pada ikon, kini ikon Google Workspace terbaru semakin beragam. Hampir semua ikon tampak tampil dalam corak warna-warni. Ikon Gmail yang semula merah dan putih kini lebih berwarna dengan warna-warna seperti browser Google.


Google Workspace juga memperkenalkan paket harga baru yang terdiri dari Business Starter, Business Standard, Business Plus, dan Enterprise di mana tiga opsi harga pertama ditujukan untuk perusahaan yang kurang dari 300 pengguna. Sebelumnya, hanya ada tiga opsi harga di G Suite, yaitu Basic, Business, dan Enterprise.


Ada tiga perbedaan utama yang muncul di Google Workspace, yaitu fitur yang lebih terintegrasi, identitas merek baru, dan kustomisasi kebutuhan pelanggan. Ide dari Google ini sebenarnya bukan hal baru karena sebelumnya Microsoft telah mencoba hal yang sama dengan aplikasi Office. Sekarang Google sedang bekerja untuk meluncurkan kemampuan serupa di Google Workspace.


Manfaat utama di sini adalah bahwa Google Workspace merupakan evolusi dari G Suite yang menawarkan rangkaian fitur dari Google Workspace yang sama dengan harga tertentu. Jika Anda pernah menggunakan G Suite sebelumnya, Workspace menawarkan pengalaman yang sama.




Baca JugaMengenal Layanan Google Workspace dan Kelebihannya


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar