-->

Inilah Pengertian tentang Google Workspace

Inilah Pengertian Tentang Google Workspace


Google pertama kali dimulai dan dijalankan di cloud, jadi tidak heran jika google sepenuhnya memahami konsekuensi keamanan dari pemberdayaaan bisnis Anda di cloud.  Perusahaan Google telah berupaya menciptakan banyak produk yang mempermudah pekerjaan semua orang dalam hal teknologi. Ada juga produk yang mengubah cara orang bekerja di mana mereka tidak lagi membutuhkan tempat fisik dan semua komunikasi dapat dilakukan secara digital.


Inilah Pengertian tentang Google Workspace



Semua karyawan tidak harus mendadak berdiskusi saat bertemu di ruang rapat. Bukan tidak mungkin menyulap rumah menjadi ruang kerja. Sejak 28 Agustus 2006, ini adalah pertama kalinya Google merombak G Suite. Tiga hal utama yang membedakan Google Workspace dan G Suite adalah fitur yang lebih terintegrasi, identitas merek baru, dan kebutuhan pelanggan yang disesuaikan.


Hal tersebut merupakan upaya Google untuk mengimbangi perkembangan digitalisasi yang semakin pesat. Menurut Javier Soltero, dunia kerja saat ini sangat digital dan pekerja membutuhkan alat yang dapat memudahkan mereka dalam menyelesaikan pekerjaan secara terintegrasi.


Google Workspace adalah produk Google yang telah diubah namanya dan didesain ulang untuk menggantikan G Suite. Hal itu termasuk semuanya yaitu Gmail, Chat, Meet, Dokumen, Kalender  dalam upaya untuk menggabungkan semua yang Anda butuhkan untuk bekerja dalam satu ruang. Sebelumnya, semua aplikasi produktivitas dari Google ini hanya dapat diakses secara terpisah.


Sekarang Anda dapat mengakses semuanya langsung dari Gmail. Namun Google Workspace bukan hanya integrasi yang menghadirkan semua alat ke satu tempat untuk Anda. Ini akan membuat kolaborasi dengan anggota tim Anda lebih mudah dan lebih efektif saat menggunakan layanan Google. Akan ada fitur baru bernama Rooms yang sangat mirip dengan Teams di Microsoft Teams.


Lalu apa itu Google Workspace?


Google Workspace adalah hasil dari perubahan merek dan desain ulang G Suite, penggabungan kolaboratif dari berbagai fitur kerja. Secara umum yang dimaksud Google Workspace adalah layanan produktivitas yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi yang terintegrasi satu sama lain. Google Workspace atau yang sebelumnya dikenal dengan G Suite resmi diperkenalkan pada 6 Oktober 2020 kemarin.


Teknologi raksasa tersebut mengumumkan bahwa fitur tersebut akan lebih terintegrasi sehingga pengguna dapat menggunakan beberapa fungsi sekaligus. Versi Docs, Sheets, dan Slides yang memudahkan pengguna untuk membuka video call dalam sebuah dokumen sehingga pengguna dapat memasukkannya saat mengedit file. Pengguna juga dapat membuat dan mengedit dokumen baru di layanan Google Chat dalam beberapa minggu mendatang.


Pengumuman kehadiran layanan ini secara tertulis disampaikan melalui Google Blog. Menurut Google, perubahan ini terjadi untuk mengantisipasi meningkatnya aktivitas digital yang dilakukan beberapa tahun terakhir.


Berbekal tampilan baru, pengalaman pengguna yang lebih segar, dan fitur yang melimpah, Google Workspace diharapkan dapat menjadi solusi untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan.


Dengan Google Workspace, berbagai aplikasi produktivitas dapat lebih terintegrasi, terutama untuk mendukung kebutuhan bekerja dari rumah di tengah pandemi virus corona Covid-19. Tampilan baru Google Workspace sendiri akan jauh lebih segar dengan sentuhan warna cerah khas Google. Google Workspace mencakup semua aplikasi produktivitas yang sudah diinstal sebelumnya di G Suite, yaitu Gmail, Kalender, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Meet, dan banyak lagi.


Google Workspace hadir sebagai solusi agar orang dapat berkolaborasi dengan lebih mudah, menghabiskan waktu untuk hal yang paling penting, dan membangun hubungan antarmanusia, di mana pun mereka berada.


Bukan tidak mungkin dokter dan psikolog tidak bertemu secara fisik dengan pasiennya. Beberapa instansi pemerintah daerah dapat memberikan layanan yang dapat disampaikan melalui teknologi dengan lebih cepat. Di tengah transformasi, zaman semakin moder, membutuhkan pembagian kerja dan tanggung jawab pribadi.


Hal ini memang bisa menjadi tantangan yang menarik dan masih menjadi peluang untuk membantu masyarakat agar lebih sukses melalui dunia digital. Melalui solusi yang tepat akan memudahkan orang untuk berkolaborasi. Menghabiskan waktu yang cukup produktif dan menjalin hubungan baik antarmanusia dimanapun mereka berada.


Solusi untuk semua tantangan ini adalah Google Workspace. Semua aktivitas yang disebutkan sebelumnya bisa diselesaikan di satu tempat, yaitu Google Workspace. Semua aplikasi yang Anda kenal dan sukai tersedia di produk yang satu ini. Misalnya Gmail, kalendar, drive, dokumen, spreadsheet, meet, slide, dan lain-lain.


Saat ini menyelesaikan pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Ide produk ini muncul untuk komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik, melalui chat, email, suara dan video, serta konten manajemen lainnya. Setiap karyawan akan bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan dalam satu wadah.


Bahkan, produk yang dirilis oleh Google ini memungkinkannya digunakan untuk mengelola dana keluarga, membuat rencana untuk merayakan suatu acara, dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan produk baru yang memungkinkan pembuatan dan kolaborasi dokumen dengan tamu undangan di satu ruang obrolan.


Jadi semua konten di ruang obrolan dapat dibagikan dan dikolaborasikan secara real time dan semua orang dapat mengakses informasi dan membacanya secara langsung. Setiap menit yang dihabiskan secara efisien dapat memberi Anda waktu yang menyenangkan bersama keluarga.


Anda bahkan dapat membuka Dokumen, Spreadsheet, dan Slide melalui pratinjau file yang ditautkan tanpa harus membuka tab baru. Ini berarti dapat membantu Anda menghemat lebih banyak waktu yang biasanya dihabiskan untuk berpindah aplikasi. Hasilnya, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk mengerjakan lebih banyak tugas dan membuat tugas lebih sempurna.


Bagaimana dengan produk Google beberapa tahun yang lalu?


Beberapa tahun lalu, setiap produk Google memang merupakan aplikasi terpisah dan memiliki fokus pemecahan masalah yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, setiap individu yang menggunakan aplikasi tersebut perlu berkolaborasi melalui sebuah platform. Tidak ada lagi batasan untuk pengembangan satu aplikasi saja, karena semuanya akan digabungkan menjadi satu.


Google Workspace memberikan pengalaman dan koneksi yang lebih fleksibel, membutuhkan ikon yang berbeda. Anda akan melihat perubahan pada ikon untuk aplikasi Gmail, Drive, Kalender, dan produk Google lainnya yang mewakili semua aplikasi ini sebagai bagian dari satu unit.


Itu akan menunjukkan dedikasi Google dalam mengembangkan perangkat multifungsi yang terintegrasi dengan baik antar aplikasi. Pengguna akan menggunakan produk Google ini untuk tujuan pendidikan dan untuk kegiatan nirlaba. Konsumen dapat menggunakan akun G Suite untuk pendidikan. Sementara itu, tujuan organisasi nonprofit dapat dicapai menggunakan program Google Suite nonprofit.


Google mengatakan platform Workspace sekarang tersedia untuk pelanggan berbayar dan akan diperluas ke pelanggan yang menggunakan layanan gratis dalam beberapa bulan mendatang. Google juga mengungkapkan tiga opsi harga dengan kurang dari 300 pengguna.


Akun Google Workspace pada dasarnya adalah yang dulunya adalah akun G Suite. Dan pengalaman terintegrasi ini tersedia untuk semua pelanggan yang berbayar sekarang. Jadi, pengguna yang sudah menggunakan G Suite akan menemukan perubahan di akun mereka. Bagi mereka yang menginginkan akun Google Workspace tetapi tidak memiliki akun G Suite dapat berlangganan dengan salah satu paket bisnis baru yang disertakan dengan Google Workspace.




Baca Juga: Kenali Fitur-fitur dari Google Workspace


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar