-->

Beberapa Tips dan Trik Google Workspace

Beberapa Tips dan Trik Google Workspace - Google Workspace adalah sebuah layanan yang diciptakan oleh Google yang mengedepankan mobilitas dan kolaborasi untuk penyempurnaan kebutuhan IT di era millenials saat ini. Jadi kalau kalian sangat aktif dalam dunia IT dan hosting domain, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan yang satu ini.


Beberapa Tips dan Trik Google Workspace


Google Workspace merupakan layanan berbasis cloud yang membuat siapa saja bisa melakukan kolaborasi dokumen, chat, konfrensi video dengan mudah dan real time. Semua bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Layanan ini juga memungkinkan Anda untuk tetap produktif dalam segala jenis pekerjaan tanpa perlu khawatir lagi dengan kapasitas ruang yang ada di perangkat anda.


Sejak debut aslinya pada beberapa tahun lalu, Google Workspace telah berkembang dengan cepat menjadi salah satu rangkaian alat produktivitas kantor yang terbaik dan terpopuler di pasar. Ada lebih dari 4 juta bisnis yang membayar langganan , dengan 70 juta pengguna Google Workspace untuk Pendidikan. Sejak itu, langganan semakin berkembang.


Jika Anda ingin memanfaatkan potensi sebenarnya, panduan ini akan menunjukkan beberapa tips dan trik Google Workspace terbaik untuk memaksimalkan produktivitas Anda dengan semua alat yang tersedia di Google Workspace. Kami akan mulai dengan beberapa tips dan trik tingkat tinggi yang dimaksudkan untuk membantu Anda berinvestasi pada produk Google Workspace yang tepat, dan memaksimalkan akun Google Workspace Anda secara keseluruhan:


Dapatkan paket yang tepat.


Ada beberapa paket Google Workspace yang tersedia . Ada juga beberapa paket khusus Google Workspace, seperti Google Workspace untuk Pendidikan , jika Anda bekerja di industri tertentu yang dilayani Google. Jika tidak, tiga opsi utama Anda adalah Google Workspace Basic, Business, atau Enterprise.


Basic adalah 6 juta per pengguna per bulan dan dilengkapi dengan sebagian besar fundamental yang Anda perlukan, tetapi jika Anda menginginkan lebih banyak (yaitu, tidak terbatas) ruang penyimpanan, dukungan yang lebih baik, dan kontrol keamanan yang lebih tinggi, Anda memerlukan Bisnis (12 juta per pengguna per bulan) atau paket Perusahaan (25 juta per pengguna per bulan).


Jelajahi aplikasi dan add-on pihak ketiga.


Salah satu keuntungan paling menonjol yang ditawarkan Google adalah keterbukaannya untuk developer pihak ketiga, aplikasi Google Workspace , dan add-on Google Workspace . Melalui Google Workspace Marketplace , Anda akan menemukan ratusan, bahkan ribuan alat terpisah dan terintegrasi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penggunaan produk inti Google Workspace atau menyematkan fungsi lain di aplikasi yang digunakan sehari-hari.


Kenali alat yang tersedia di Google Workspace.


Anda mungkin sudah terbiasa dengan Gmail dan Google Dokumen, tetapi seberapa sering Anda menggunakan Keep? Dan tahukah Anda bahwa Google Formulir adalah sesuatu? Google Workspace hadir dengan lebih dari selusin fitur individual, dan hampir semuanya setidaknya akan bermanfaat bagi organisasi Anda. Jangan biarkan permata tersembunyi ini tetap tersembunyi.


Gunakan fitur Cloud Search universal.


Jika Anda memiliki paket Bisnis atau Perusahaan, Anda akan memiliki akses ke fitur yang disebut "Cloud Search". Google adalah ahli penelusuran, dan fitur ini memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan kolektif perusahaan. Dengannya, Anda dapat melakukan pencarian menyeluruh di semua aplikasi. Jika perlu semua orang untuk menemukan file yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya.


Apa Saja Tips dan Trik Google Workspace?

 

Kontrol ketat izin pengguna dan keamanan Anda.


Anda akan mendapatkan beberapa kontrol administratif dan pengaturan keamanan bahkan dengan akun Dasar, dan ini tumbuh lebih kuat saat Anda meningkatkan skala ke paket harga yang lebih baik. Manfaatkan ini; mereka tidak hanya untuk pertunjukan. Jika pernah ada pelanggaran keamanan di organisasi Anda, atau jika pengguna tertentu mendapatkan akses ke dokumen yang seharusnya tidak mereka lihat, hal itu dapat membahayakan operasi Anda sepenuhnya.


Buat daftar tugas tim.


Tahukah Anda bahwa Anda dapat membuat daftar tugas berbasis tim? Ada berbagai cara untuk mengatur tugas dan item agenda Anda, termasuk memberi label yang berbeda, atau memberi kode warna, seperti Anda menggunakan catatan tempel kuno. Buat warna dan label yang berbeda untuk setiap tim, aktifkan berbagi, dan tiba-tiba, Anda memiliki platform yang sempurna untuk tugas berbasis tim yang komprehensif.


Dapatkan pengingat berbasis lokasi.


Anda dapat menggunakan Google Keep untuk menyetel pengingat untuk berbagai waktu, membantu Anda mengingat untuk menghadiri rapat atau menyelesaikan tugas di penghujung hari. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa menyetel pengingat untuk suatu lokasi?


Misalnya, Anda dapat menetapkan lokasi Anda sebagai toko grosir lokal, dan melampirkan daftar barang yang akan diambil; Dengan begitu, saat Anda pergi ke toko, Anda akan mendapatkan pop-up otomatis dengan petunjuk tentang apa yang harus dibeli.


Gunakan "prioritas" dan ruang kerja.


Di dalam Drive, Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda dapat menggunakan folder untuk mengatur file. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga dapat membuat "ruang kerja", yang memungkinkan Anda mengelompokkan file yang biasanya Anda gunakan bersama? Faktanya, Google secara otomatis akan merekomendasikan Workspaces kepada Anda berdasarkan aktivitas pengguna Anda yang harus Anda lakukan hanyalah mengonfirmasi sarannya.


Anda juga dapat membuat dan mengelola sendiri; Saya sarankan untuk menyiapkan satu untuk setiap departemen, atau berpotensi, setiap klien utama Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur "prioritas" untuk mengatur file Anda yang paling penting, atau item agenda Anda, sehingga mereka muncul lebih mencolok daripada file Anda yang lain.


Tetapkan tanggal kedaluwarsa untuk file sensitif.


Jika Anda membagikan sesuatu yang Anda ingin agar dilihat seseorang hanya untuk jangka waktu tertentu, seperti snapshot dari pekerjaan yang sedang berlangsung, Anda dapat mengontrol akses mereka dengan tanggal kedaluwarsa. Di menu Pengaturan bersama, Anda dapat mengklik "Akses kedaluwarsa" untuk menyetel tanggal kedaluwarsa pilihan Anda.


Lihat tugas yang diberikan secara real-time.


Google Docs, Sheets, dan platform lain memungkinkan Anda untuk menetapkan tugas kepada rekan tim dan kolaborator Anda, tetapi bagaimana Anda bisa melihat semua tugas yang saat ini ditugaskan kepada Anda sekaligus? Jawabannya adalah dengan Google Drive. Temukan folder yang berisi file dengan tugas yang diberikan kepada Anda. Akan ada lingkaran kecil abu-abu di sebelah kanan nama file dengan nomor; ini akan memberi tahu Anda di mana letak item tindakan Anda.


Anda juga dapat menggunakan fitur Pencarian Lanjutan untuk memilih "Hanya item tindakan", dan hanya menampilkan file dan folder di mana item tindakan yang ditetapkan untuk Anda ada. Itu saja yang dapat kami jelaskan dan kami tulis dalam artikel ini mengenai tentang beberapa tips dan trik Google Workspace. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.




Baca JugaAlasan untuk Menggunakan Google Workspace di Perusahaan


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar