-->

Keuntungan dan Kerugian Tentang Google Workspace

Keuntungan dan Kerugian Tentang Google Workspace - Google Google Workspace adalah alat penting untuk bisnis dan pendidikan pengguna di seluruh dunia. Jika Anda ingin mengelompokkan layanan produktivitas dan memiliki akses ke aplikasi tempat kerja yang sangat fungsional, Google Workspace adalah pilihan yang tepat.


Keuntungan dan Kerugian Tentang Google Workspace



Google Workspace adalah pesaing langsung Microsoft Office dan rangkaian produktivitas lainnya, dan keduanya memiliki beberapa kesamaan yang mencolok. Namun, ada juga beberapa perbedaan mendasar antara Google Workspace dan rangkaian produktivitas kantor tradisional lainnya. Sebagian besar perbedaan tersebut dapat meningkatkan kebutuhan bisnis Anda di dunia yang selalu terhubung, tetapi beberapa di antaranya mungkin Anda anggap sebagai kompromi.


Di situlah artikel ini dapat membantu.


Di bawah ini Anda dapat membaca semua tentang kelebihan dan kekurangan Google Workspace yang perlu Anda ketahui dan mempelajari mengapa Google Workspace menjadi alat yang begitu populer bagi puluhan juta pengguna. Selanjutnya, kami akan membahas beberapa area yang masih perlu ditingkatkan Google melalui pembaruan di masa mendatang.


Sebelum memulai, poin terakhir penting.


Google terus berupaya membuat Google Workspace dan aplikasinya menjadi lebih baik. Setiap potensi kekurangan atau kekurangan yang disebutkan di sini kemungkinan besar sudah ada di radar Google, dengan peningkatan dalam pengembangan aktif. Secara keseluruhan, Google Workspace adalah salah satu solusi produktivitas terlengkap yang bisa Anda dapatkan, baik Anda seorang bisnis, pelajar, atau hanya pengguna pribadi.


Alat komunikasi


Google telah membuat kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir, dan Google Workspace telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin dalam hal komunikasi antar anggota tim melalui aplikasi Google Workspace.


Kolaborasi dan komunikasi antar organisasi sekarang merupakan komponen besar dari produktivitas perusahaan. Google Workspace mencerminkan permintaan yang sedang berlangsung ini dengan beberapa aplikasi, seperti Gmail dan Google Meet. Kedua alat komunikasi ini adalah pemimpin di bidangnya yang spesifik.


Pro - Email:


Gmail membutuhkan sedikit pengenalan. Ini adalah klien email paling populer di dunia dan mendukung posisi pasarnya dengan alat keamanan yang sangat baik, UI yang mudah digunakan, dan banyak fitur yang menjadikannya pilihan tepat untuk bisnis dan penggunaan pribadi. Microsoft Outlook mungkin adalah pesaing terdekat Gmail dalam hal memenuhi kebutuhan bisnis, tetapi klien email Google masih lebih baik.


Misalnya, Gmail disinkronkan secara mulus dengan Google Kalender , berkinerja lebih baik daripada cara Outlook menyinkronkan dengan alat kalender Microsoft sendiri. Selain itu, kotak masuk organisasi otomatis Gmail adalah standar industri untuk pengaturan dan pengelolaan kotak masuk . Bertindak seperti kotak masuk terpisah, Gmail secara otomatis mengurutkan email di berbagai kategori.


Kontra Google Meet


Google Meet adalah alat komunikasi dan kolaborasi video yang sangat populer yang digunakan lebih dari 100 juta orang. Mari kita perjelas, Meet adalah alat yang luar biasa dan pengguna Google Workspace tidak akan kecewa karenanya. Meski begitu, masih belum sekuat beberapa rival. Mungkin masalah terbesar dengan Meet adalah jauh lebih mampu sebagai alat komunikasi antar perusahaan daripada menghubungkan bisnis dengan orang-orang di luar organisasi mereka.


Layanan lain, seperti Slack, Microsoft Teams, Skype, dan Zoom  mungkin berfungsi lebih baik sebagai alat komunikasi serba guna. Ya, ini rewel dan memang Google telah melakukan banyak hal baru-baru ini untuk memastikan Meet lebih memberikan pengalaman yang lengkap.


Bagaimana Keuntungan dan Kerugian Tentang Google Workspace?

 

Alat Kolaborasi


Kolaborasi mendorong era baru produktivitas perusahaan. Organisasi menempatkan peningkatan nilai untuk dapat menghubungkan tim dengan mulus, membuat proyek dan kelompok kerja lebih lancar. Google Workspace menyediakan kelancaran itu, dengan sifatnya yang selalu terhubung memastikan anggota tim memiliki akses konstan ke proyek, dokumen, dan presentasi bersama.


Pro - Fokus pada Kolaborasi


Dalam banyak hal, Google Workspace terasa seperti dibuat untuk menjadi impian bagi perusahaan yang menginginkan kolaborasi yang mendalam. Ini didasarkan pada cloud dan selalu terhubung ke Drive , penyimpanan cloud Google, dan platform berbagi file. Ini berarti tidak ada waktu henti dan anggota tim dapat memanfaatkan pekerjaan dan membagikannya kapan saja.


Con - Tidak Cukup Terbuka


Kolaborasi sangat bagus, tetapi Google Workspace terkadang dapat membuat terlalu banyak pengguna kotak pasir. Misalnya, untuk memiliki alat kolaborasi lengkap (edit, komentar, bagikan) pada file, penerima haruslah pemegang akun Google. Itu mungkin bagus untuk berbagi di tempat, tetapi untuk berbagi dengan seseorang di luar perusahaan Anda terkadang hal ini dapat menimbulkan tantangan.


Google Workspace juga tidak begitu ramah terhadap aplikasi pihak ketiga untuk berkolaborasi. Contoh nyata adalah file Microsoft Office. Google Workspace memungkinkan pengguna untuk membuka, mengedit, dan bekerja berbagi file dalam format Microsoft Office, tetapi tidak selalu menyenangkan dengan file ini. Ini biasanya memaksa pengguna untuk mengonversi ke format yang ramah Google Workspace.


Perlu diperhatikan bahwa Google sedang mengatasi rintangan kecil ini. Perusahaan mulai mengizinkan file Office asli di Google Workspace di web pada tahun 2019, dan di Android pada tahun ini. Namun, Microsoft Office 365 lebih mampu dalam memberikan dukungan pihak ketiga, jadi ketika mempertimbangkan keuntungan dan kerugian Google Workspace, ini dapat dianggap sebagai kelemahan kecil.


Integrasi Cloud


Integrasi cloud adalah tempat Google Workspace benar-benar unggul dalam persaingan. Dibangun dari awal sebagai alat cloud, platform Google telah membuat orang-orang seperti Microsoft Office berjuang keras untuk mengejar ketinggalan. Tentu, Office 365 telah menghasilkan keuntungan besar dalam hal fungsionalitas cloud, tetapi Google Workspace tetap terdepan dengan margin yang signifikan.


Pro - Koneksi Konstan


Sifat Google Workspace yang selalu terhubung berarti mengerjakan proyek adalah mimpi. Seperti yang disebutkan, kemampuan untuk menggunakan Google Drive untuk memanfaatkan konten di seluruh organisasi membuat kolaborasi menjadi lebih efisien. Drive memiliki manfaat besar lainnya saat bekerja bersama-sama dengan aplikasi Google Workspace.


Secara khusus, ini terus-menerus menyimpan konten tanpa pengguna perlu melakukan apa pun, mempertahankan riwayat versi lengkap sehingga Anda dapat kembali ke versi sebelumnya kapan saja. Siapapun yang secara tidak sengaja menghapus dokumen MS Word  atau yang kehilangan datanya dalam spreadsheet Excel akan memahami betapa hebatnya fitur ini.


Kontra - yang Terjadi Saat Anda Offline


Tentu saja, di-root di cloud berarti Google Workspace sangat bergantung pada online. Google telah melakukan pembaruan untuk meningkatkan fungsionalitas kerja offline aplikasi Google Workspace, tetapi Microsoft Office tetap unggul dalam kemampuan offline mereka sejak awalnya dikembangkan untuk pekerjaan offline yang disimpan ke PC Anda.


Aplikasi & Alat


Pengguna Google Workspace dapat memanfaatkan apa yang pada dasarnya adalah gudang aplikasi asli Google yang lengkap. Beberapa dari mereka adalah pemimpin absolut di bidangnya sementara yang lain lebih dari pesaing yang layak. Itu saja keuntungan dan kerugian tentang Google Workspace.




Baca JugaBeberapa Panduan Ultimate untuk Google Workspace


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar