-->

Kumpulan Ulasan Terbaru dari Google Workspace

Kumpulan Ulasan Terbaru dari Google Workspace - Google Docs, Sheets, dan Slides adalah aplikasi perkantoran online gratis untuk semua orang dari Google , dan sangat baik dalam membantu pengguna membuat dan berbagi dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Jika Anda berbagi sejumlah kecil dokumen hanya dengan beberapa kolega, versi gratis dari suite ini sudah cukup.


Kumpulan Ulasan Terbaru dari Google Workspace


Namun untuk perusahaan, pendidikan, atau operasi kolektif terorganisir lainnya, Anda akan menginginkan versi berbayar (mulai dari 5 juta per pengguna per bulan) berbasis langganan yang ditawarkan Google dengan nama Google Workspace.


Persaingan Google Workspace


Google Workspace memiliki saingan yang kuat, termasuk berbagai versi tingkat perusahaan dari Microsoft Office 365; Kumpulan app, Pages, Numbers, dan Keynote Apple yang dapat diakses iCloud (yang dulunya dijual sebagai suite yang disebut iWork); dan layanan kolaborasi online seperti Zoho.


Bahkan jika dibandingkan dengan raksasa produktivitas ini , Google Workspace memiliki banyak keunggulan, dan mendapat fitur baru dan lebih baik setiap beberapa minggu. Ini juga memiliki batasan, bagaimanapun, seperti yang akan saya jelaskan, jadi Anda perlu memastikannya sesuai dengan keseimbangan yang tepat untuk kebutuhan Anda sebelum melakukannya.


Memulai Google Workspace


Saya menyiapkan akun Google Workspace melalui wizard sederhana yang mengharuskan saya memilih nama domain , baik yang sudah saya miliki, atau domain baru yang dapat saya buat dengan membayar biaya pendaftaran tahunan 12 juta. Saya membuat domain baru, dan kemudian membuat akun email di alamat itu untuk saya dan beberapa kolega.


Layar penyiapan memungkinkan saya mengirimkan pesan ke alamat kolega saya yang ada yang memberi tahu mereka tentang alamat baru yang telah saya buat untuk mereka. Setelah itu, saya masuk ke google.com menggunakan alamat email baru saya, dan menu di kanan atas jendela memungkinkan saya mengakses semua aplikasi Google Workspace.


Google Workspace menawarkan tiga versi yaitu Basic, Business, dan Enterprise. Semua termasuk aplikasi dan kalender Google, konferensi video dan suara, dan fitur manajemen. Layanan Dasar berharga 5 juta per pengguna per bulan dan memberi Anda total penyimpanan awan sebesar 30 GB , dibagi di antara pengguna.


Versi Bisnis berharga 10 juta per pengguna per bulan dan menawarkan penyimpanan tak terbatas, ditambah fitur pengarsipan, pengauditan dan penyimpanan data untuk kepatuhan perusahaan, dan penemuan elektronik untuk digunakan saat mengumpulkan bukti hukum. Paket perusahaan dihargai secara individual dan menambahkan fitur keamanan, retensi data, dan analisis data tingkat lanjut.


Perhatikan bahwa langganan bisnis ke Office 365 juga mulai dari 5 juta per pengguna per bulan. Menu manajemen Google Workspace jelas dan lugas, tetapi menu setara Microsoft di versi korporat Office 365 menurut saya lebih mudah dinavigasi dan secara visual lebih elegan. Apple tidak menawarkan layanan tingkat perusahaan yang sebanding dengan Google Workspace atau Office 365.


Administrasi Google Workspace


Saya telah menggunakan Google Workspace versi perusahaan selama bertahun-tahun melalui organisasi besar tempat saya bekerja, tetapi, untuk ulasan ini, saya menguji layanan Dasar Google Workspace untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana rasanya mengelola suite daripada hanya menggunakan pengaturan yang dibuat oleh administrator untuk saya.


Seperti pada versi Office 365 dan Zoho Docs tingkat perusahaan. Saya menggunakan wizard pembuatan situs untuk membangun situs web untuk domain baru saya, dan membuatnya hanya dapat diakses oleh pengguna dengan alamat di web.


Bagaimana Ulasan Terbaru dari Google Workspace?

 

Aplikasi Google Sites yang membuat situs ini memiliki semua keanggunan dan kesederhanaan aplikasi Google lainnya, membuatnya mudah untuk membangun situs multi halaman dalam waktu kurang dari satu jam. Google Sites dapat digunakan secara gratis bagi siapa saja, tetapi pengguna gratis hanya dapat membuat situs, sementara pelanggan Google Workspace menggunakan nama domain mereka sendiri sebagai alamat situs mereka.


Fungsi Office Suite


Google Docs, Sheets, dan Slides versi Google Workspace menawarkan template elegan yang tampak minimalis yang Anda dapatkan di versi gratis. Tetapi Google Workspace memungkinkan Anda mengupload dokumen, spreadsheet, atau presentasi Anda sendiri untuk digunakan sebagai template untuk membuat yang baru.


Untuk kolaborasi dan berbagi, Google Workspace menawarkan lebih banyak opsi daripada yang Anda dapatkan dengan aplikasi Google gratis. Misalnya, Anda bisa menentukan bahwa dokumen bisa dibagikan hanya dengan anggota organisasi Anda, atau hanya anggota organisasi Anda yang Anda kirimkan link berbagi.


Seperti halnya dengan paket aplikasi kantor Google gratis, Anda dapat menentukan bahwa perubahan yang dibuat pada dokumen Anda oleh kolaborator Anda muncul dalam warna, untuk menunjukkan bahwa itu adalah saran daripada hasil edit yang sebenarnya. Saran ini dapat diterima atau ditolak satu per satu dengan mengklik tombol di panel komentar di sebelah kanan jendela.


Saat Anda memilih Google Workspace daripada Office 365 atau aplikasi Apple, Anda membuat keputusan besar untuk mengandalkan data dan aplikasi yang hampir seluruhnya ada di cloud, hanya dapat diakses di browser atau perangkat seluler. Google tidak menyediakan aplikasi desktop seperti versi desktop Microsoft Word atau Excel atau Apple's Pagesdan Angka.


Jika Anda ingin mengedit dokumen Anda di pesawat yang mendukung Wi-Fi, Anda harus mengeditnya di browser Google Chrome melalui ekstensi opsional. Dan, sebelum Anda offline, Anda harus mengunduh setiap dokumen yang ingin Anda edit. Saya tidak bersedia mengambil masalah seperti itu setiap kali saya mengambil risiko berada di suatu tempat seperti kereta Amtrak pada umumnya di mana Wi-Fi tiba-tiba berhenti berfungsi.


Office Suite di Cloud


Berbeda dengan aplikasi Google yang hanya cloud, aplikasi Microsoft dan Apple berjalan baik di desktop atau di browser atau perangkat seluler, dan aplikasi desktop memiliki jenis kekuatan yang tidak dapat ditawarkan oleh aplikasi seluler. Selain itu, Microsoft OneDrive dan Apple iCloud biasanya menyimpan salinan dokumen Anda di hard disk dan juga di cloud.


Sedangkan Google hanya menyimpan tautan ke dokumen Anda di folder Google Drive yang dapat Anda buat di hard disk Anda. Anda dapat mengunduh dokumen Google Anda ke hard disk Anda tetapi hanya dalam format seperti format Office atau format Open Document ( LibreOffice ), bukan dalam format Google Docs itu sendiri.


Saya tidak sepenuhnya nyaman dengan gagasan bahwa dokumen saya tinggal di awan dalam format yang tidak dapat saya unduh di hard disk saya. Aplikasi cloud-only seperti Google selalu memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan desktop yang setara, tetapi sebagian besar dokumen dan lembar kerja tidak membutuhkan lebih banyak fitur daripada yang disediakan Google. Itu saja mengenai kumpulan ulasan terbaru dari Google Workspace. Semoga artikel ini bermanfaat.




Baca JugaKeuntungan dan Kerugian Tentang Google Workspace


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar