-->

Manfaat Google Workspace untuk Bisnis Kecil

Manfaat Google Workspace untuk Bisnis Kecil - Pemilik usaha kecil memiliki banyak biaya untuk ditangani. Semuanya membutuhkan uang - sewa kantor, persediaan, perangkat keras IT, karyawan, pajak, biaya daftarnya terus berlanjut selamanya. Satu area di mana sebagian besar bisnis kecil tidak memiliki banyak ruang cadangan dalam anggaran adalah membeli perangkat lunak. Sayangnya, bagi sebagian besar dari kita, perangkat lunak adalah item yang sangat penting.


Manfaat Google Workspace untuk Bisnis Kecil


Mengapa Menggunakan Google Workspace?


Google Workspace, kumpulan alat produktivitas dan komunikasi kantor berbasis cloud dari Google, dapat membuat perbedaan besar dalam pengeluaran perangkat lunak Anda. Google Workspace didukung dengan baik secara profesional oleh Google dan oleh komunitas pengguna yang tersebar luas, serta menyediakan seperangkat alat yang sangat fungsional dan efisien.


Menerapkan Google Workspace sebagai mesin software utama bisnis Anda dapat membuat Anda dan tim Anda tetap online dan pada produktivitas maksimum hanya dengan pengeluaran tunai minimal hanya 5 juta / bulan per pengguna. Anda juga dapat menggunakan semua alat Google Workspace secara gratis sebagai pengguna tingkat konsumen; pengguna bisnis tidak melihat iklan, dapat memiliki beberapa akun menggunakan ruang kerja bersama yang sama.


Fitur G-Suite


Komponen Komunikasi


Google Workspace memiliki sejumlah komponen inti, beberapa di antaranya mungkin tidak asing bagi Anda dan beberapa di antaranya mungkin baru. Empat komponen komunikasi utama adalah Gmail, Hangouts, Kalender, dan Google+. Untuk produktivitas dan tugas, ada Docs, Sheets, Slides, Forms, dan Sites. Penyimpanan cloud online disediakan oleh Drive.


Pendaftaran Sederhana


Mendaftar ke Google Workspace sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah nama domain dan informasi kontak untuk bisnis Anda. Jika Anda belum memiliki nama domain, Anda dapat memperolehnya sebagai bagian dari proses pendaftaran.


Perhatikan bahwa Anda mungkin tidak akan dapat membuat akun pengguna menggunakan layanan nama domain gratis seperti bz.nf atau dot.tl. Google menganggap penyedia domain tersebut kemungkinan besar akan digunakan untuk spam. Anda memerlukan nama domain yang sah jika Anda belum memilikinya.


Uji Coba Gratis


Khawatir Google Workspace mungkin tidak tepat untuk Anda? Tidak perlu khawatir - ada uji coba gratis selama 14 hari. Anda dapat mendaftar dan bereksperimen dengan bebas untuk memastikan alat yang disediakan cocok untuk kerajaan bisnis Anda. Ada tiga tingkat layanan yaitu Google Workspace Basic, Business, dan Enterprise, dengan penyimpanan dan fitur tambahan di tingkat yang lebih tinggi.


Fitur dan Manfaat Google Workspace Basic


Email Berbasis Domain


Saya ingin menggunakan Gmail untuk akun bisnis saya, tetapi alamat gmail itu membuat saya terlihat seperti seorang amatir, terdengar familiar? Gmail adalah alat yang luar biasa dengan penyimpanan yang besar dan kemampuan pencarian yang luar biasa, tetapi Anda terlihat agak bodoh untuk menggunakannya. Dengan Google Workspace, Anda mendapatkan kecanggihan Gmail tetapi dapat menggunakannya di depannya dengan alamat email Anda sendiri di domain Anda sendiri.


Kemampuan Pemasaran Email


Dengan fitur yang tercantum di atas, Anda dapat menjalankan pusat pemasaran email yang canggih melalui akun email Google Workspace Anda. Google Workspace memungkinkan Anda membuat hingga 30 alias email per akun pengguna, memungkinkan Anda menerima dan mengirim email ke semua dalam satu Kotak Masuk pengguna.


Pembuatan, Kolaborasi, dan Penyimpanan Dokumen


Alat Google Workspace untuk pembuatan dan kolaborasi dokumen sangat kuat. Ada Dokumen untuk konten tertulis, Spreadsheet untuk spreadsheet, dan Slide untuk presentasi. Ketiganya terhubung dengan mulus ke komponen penyimpanan Drive Google Workspaces, dan Anda dapat berbagi dokumen secara bebas dalam seluruh organisasi Anda di perangkat apa pun, baik Windows, Mac, Android, atau iOS.


Apa Manfaat Google Workspace untuk Bisnis Kecil?

 

Kemampuan Offline


Anda juga dapat mengonfigurasi Google Workspace untuk bekerja secara offline, sehingga Anda dapat mencapai produktivitas maksimum baik saat online maupun dalam perjalanan. Semua alat produktivitas Google Workspace dirancang dengan mengutamakan kolaborasi sehingga berbagi alur kerja dengan orang lain, baik di dalam maupun di luar organisasi Anda, sangat mudah.


Kontrol akses


Semua konten itu bisa dibuat untuk publik, dengan kontrol akses yang kuat. Anda bisa membuat seluruh bagian pustaka konten bisnis Anda tersedia untuk tampilan publik, memungkinkan Anda meletakkan presentasi dan dokumen Anda di luar sana untuk dilihat dunia.


Anda juga dapat berbagi secara lebih spesifik dengan berbagi file individual dengan siapa pun yang ingin Anda ajak berkolaborasi. Drive memberi setiap pengguna penyimpanan gratis 30 GB (peningkatan versi menjadi 1 TB atau penyimpanan tak terbatas mudah didapat dan harga terjangkau), dibagikan dengan akun Gmail Anda.


Pembuatan Situs Web yang Mudah

 

 

Oke jadi, penyimpanan itu hebat dan segalanya tetapi ketika Anda benar-benar ingin membagikan visi Anda dengan dunia, Anda memerlukan situs web. Google Workspace menyediakan Sites untuk Anda, cara yang andal dan fleksibel untuk membuat intranet, wiki, dan situs web eksternal dengan kesederhanaan yang luar biasa. Tidak diperlukan pengetahuan pengkodean atau keahlian HTML; Antarmuka Situs memungkinkan Anda menarik dan melepas elemen.


Integrasi dengan Drive


Sites juga memiliki integrasi langsung antara konten Drive dan cantuman Maps Anda, memungkinkan Anda menempatkan antarmuka yang indah dan berkualitas tinggi pada kreasi Anda dengan sedikit usaha. Jika Anda memang memiliki keahlian HTML dan Javascript, Anda dapat menambahkan elemen tersebut ke laman Anda untuk mendapatkan lebih banyak kekuatan. Ini juga mudah untuk membuat beberapa subsitus dengan izin yang berbeda.


Konferensi video


Konferensi video telah menjadi janji masa depan sejak lama, tetapi Google Workspace Hangouts sebenarnya membuatnya praktis dan murah. Anda dapat menyelenggarakan obrolan video hingga dengan 25 anggota, dan obrolan tersebut memiliki banyak kekuatan kolaboratif.


Peserta dapat berbagi layar satu sama lain, memungkinkan integrasi yang mulus dari umpan video / audio saat mengerjakan dokumen bersama. Anda dapat menyelenggarakan Siaran Hangouts Anda, layanan yang mengalirkan langsung Hangout secara otomatis dan secara bersamaan mengarsipkannya ke akun YouTube Anda, memungkinkan Anda untuk membuat aliran konten video yang stabil hanya dari rapat Anda.


Kalender Bersama


Salah satu alat paling canggih di Google Workspace adalah fitur Kalender bersama. Setiap orang di organisasi Anda dapat memiliki kalender mereka sendiri, dan Anda juga dapat membuat kalender bersama untuk tim. Lebih baik lagi, Anda dapat membuat kalender bisnis tersedia untuk umum, memberikan semua pelanggan Anda akses ke apa yang telah dijadwalkan oleh perusahaan Anda.


Kalender diintegrasikan dengan lancar dengan alat Google Workspace lainnya, sehingga pengguna dapat menambahkan janji temu kalender dengan mudah melalui Gmail, dan meletakkan tautan Hangout di Kalender sehingga satu klik akan menghidupkan Hangout secara otomatis. Itu saja mengenai manfaat Google Workspace untuk bisnis kecil.




Baca JugaMemulai Bisnis Menggunakan Google Workspace


Silahkan isi komentar dibawah ini atau hubungi kami. Terimakasih.

LihatTutupKomentar